Ini Makanan Yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa dan Sahur

0
214
makan bersama keluarga
Momen berbuka puasa adalah saat yang ditunggu-tunggu. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Bulan Ramadan adalah saat di mana para umat Muslim di seluruh dunia perlu menahan lapar, haus, dan hawa nafsu selama 30 hari. Tak makan hingga belasan jam membuat kita perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi selama sahur dan berbuka puasa.

Agar kita bisa menjalani ibadah puasa tanpa ada risiko yang merugikan kesehatan, berikut makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka puasa!

iklan

A.Makanan yang Perlu Dihindari Saat Sahur

  1. Karbohidrat sederhana atau olahan

Karbohidrat sederhana atau olahan merupakan makanan yang hanya bertahan 3 sampai 4 jam dan rendah nutrisi penting. Contoh makanannya yaitu seperti mengonsumsi gula, tepung putih, mie, pasta, kue kering, donat, juga croissant. Selain tidak memberikan sumber nutrisi yang cukup, mengonsumsi makanan olahan ini hanya akan memberikan rasa kenyang yang semu.

  1. Makanan asin

Ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh saat mengonsumsi makanan asin membuat Moms akan jadi sangat haus saat berpuasa. cobalah agar Moms tidak menyajikan makanan asin seperti kacang asin, mie instan, acar, keripik dan makanan yang mengandung saus. Sehingga tidak memicu rasa haus.

  1. Minuman berkafein

Kopi mengandung kafein yang bisa menimbulkan asam lambung naik, insomnia, dan penuh rasa gelisah. Selain itu, mengonsumi kopi dapat membuat Moms merasa tidak terhidrasi sehingga akan merasakan haus sepanjang hari.

B.Makanan yang Perlu Dihindari Saat Berbuka

  1. Minuman berkarbonasi

Minum minuman berkarbonasi memiliki kandungan gula yang tinggi, selain menyebabkan kenyang semu, minuman ini juga dapat menambah berat badan. Tentu Moms tidak mau kan usai berpuasa justru berat badan naik?

  1. Makanan tinggi gula

Makanan tinggi gula seperti permen dan cokelat harus dihindari untuk berbuka puasa. Makanan ini sumber kenaikan berat badan instan dan dapat menyebabkan kompleksitas jika dikonsumsi setiap hari.

  1. Makanan yang digoreng

Makanan yang berminyak dan digoreng seperti pangsit goreng dan gorengan harus dihindari. Hindari juga kari berminyak dan kue kering berminyak untuk menjauhkan Moms dari risiko penyakit yang bisa merugikan kesehatan. [ ]

Sumber : parenting.orami.co.id

4

Red: admin

Editor: iman

836