12 Dampak Positif Bagi Kesehatan

0
252
Ramadhan adalahh bulan yang senantiasa dirindukan kaum muslimin. (ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Bagi kaum muslimin bulan Ramadhan adalah bulanĀ  yang sangat istimewa. Bulan Ramadhan mempunyai banyak keutamaan selain pahala akan dilipatgandakan oleh Allah Swt, bulan Ramadhan juga ada malam seribu bulan dan pastinya ibadah puasa.

Khusus untuk ibadah puasa selain bentuk ketakwaan kepada Allah Swt juga di ada beberapa dampak positifnya bagi kesehatan. Seperti dikutip dari health.detik.com , beberapa dampak positif puasa bagi kesehatan antara lain:

iklan
  1. Kurangi Risiko Plak di Jantung

Puasa bisa membantu Anda untuk mengurangi risiko pembentukan plak yang mampu menyumbat pembuluh darah di jantung. Ini dikarenakan asupan lemak jahat pada tubuh berkurang daripada biasanya selama Anda berpuasa.

  1. Membuang Racun di Tubuh

Selama berpuaasa, tubuh kita akan melakukan pembuangan racun yang Anda. Pembuangan racun tersebut bisa melalui keringat, urine, atau saat buang air besar sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat daripada sebelumnya.

  1. Mengurangi Kadar Lemak

Selama puasa, tubuh akan membakar glukosa yang tersisa untuk menghasilkan energi. Ketika glukosa telah habis, tubuh akan menggantinya dengan membakar lemak yang tersimpan di otot untuk menghasilkan energi. Itulah salah satu alasan yang pas menjadikan puasa sebagai momen menurunkan berat badan di tubuh.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Tidak hanya menurunkan berat badan, puasa juga bisa memperkuat sistem imun di tubuh Anda. Caranya cukup dengan mengonsumsi buah-buah yang kaya akan mineral dan vitamin saat berbuka dan sahur. Dengan begitu, sistem pertahanan tubuh akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

  1. Menurunkan Risiko Darah Tinggi

Bagi Anda yang berisiko darah tinggi, puasa ternyata dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah. Hal tersebut karena saat puasa tubuh mengurangi produksi hormon tertentu seperti hormon adrenalin yang menyebabkan naiknya tekanan darah.

  1. Mengistirahatkan Saluran Pencernaan

Membiarkan saluran pencernaan beristirahat sejenak menjadi kunci kenapa puasa itu menyehatkan. Dengan begitu, saluran pencernaan menjadi lebih optimal dari sebelumnya, mengeluarkan racun di organ pencernaan, hingga mengurangi risiko organ pencernaan rusak dengan cepat.

  1. Memperbaiki Pola Makan

Melakukan puasa secara rutin, akan membantu Anda mengontrol kebiasaan makan. Puasa juga memungkinkan Anda untuk memilih makanan sehat untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

  1. Mengatasi Godaan Makanan Berlebih

Dengan melakukan puasa, Anda bisa mengatasi godaan untuk tidak meraup makanan yang tidak sehat seperti junk food atau makanan instan lainnya. Manfaat ini bisa diperoleh setidaknya jika Anda rutin melakukan puasa selama satu hari dalam seminggu.

  1. Membantu Proses Penyembuhan

Bagi Anda yang sedang sakit, saat puasa tubuh akan bekerja lebih efisien untuk menggantikan sel-sel rusak dan menghentikan pertumbuhan tumor yang tidak diinginkan. Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan efisiensi penyembuhan seseorang dari penyakit yang dialaminya.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Rajin puasa setidaknya satu kali dalam seminggu ternyata dapat meningkatkan proses pemecahan glukosa untuk memproduksi energi. Dengan begitu, insulin yang diproduksi akan menurun yang artinya kadar gula darah juga turun.

  1. Risiko Serangan Jantung Menurun

Puasa ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari risiko terserang penyakit jantung. Ini terjadi karena selama puasa terjadi penurunan rata-rata 15 persen pada tingkat trigliserida (TG) dan 10,9 persen penurunan pada kolestrol low-density lipoprotein (LDL) yang merupakan faktor risiko untuk serangan jantung.

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

Saat puasa, lemak tubuh akan menggantikan glukosa sebagai sumber bahan bakar di tubuh. Dengan begitu, akan terjadi penurunan sel-sel lemak dalam tubuh yang dapat mengurangi risiko kolestrol tinggi, resistensi insulin, dan diabetes.

Apabila melakukan puasa secara berkala, Anda dapat meningkatkan Human Growth Hormone (HGH) yang mengatur glukosa dan insulin dalam tubuh. Dengan peningkatakn HGH dapat juga membantu mengurangi risiko diabetes hingga 50 persen.

Demikian beberapa dampak puasa bagi kesehatan. Namun demikian hendaknya kita melakukan niat puasa bukan sekedar ingin sehat melainkan semata bentuk taat dan takwa kepada Allah Swt. Dampak positif puasa bagi kesehatan hanyalah salah satuk hikmah puasa, karena pastinya pahala dan ridho Allah adalah lebih dari sekedar itu. [ ]

4

Red: admin

Editor: iman

829