Shalat Berjamaah Jaga Jarak, Boleh Tidak?

0
334
Sebagian kaum muslimin masih melakukan shalat berjamaah di masjid dengan menjaga jarak ( foto: rri.co.id)

PERCIKANIMAN.ID— Assalamu’alaykum. Pak Aam saya nonton di sebuah video tapi antara suatu makmum dengan makmum lainnya berjauhan sekitar satu meter atau dua meter. Bagaimana hukumnya berjamaah seperti ini? Mohon penjelasannya. ( NN via fb)

Wassalamu’alaykum, Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Tentu saja hal ini disengaja karena dianjurkan jarak antara satu dengan yang lainnya harus diantara 1-2 meter. Hal ini ditujukan supaya apabila orang di sebelah kita batuk atau bersin, maka cipratan air liurnya tidak terkena oleh kita. Oleh karena itu dibuatlah berjarak.

iklan

Kembali ke hukum asal bahwa shalat berjamaah itu harus saling berdekatan. Nabi pernah bersabda dan ini juga imam sering atau selalu mengingatkan agar shafnya lurus dan rapat sebelum shalatt berjamaah.

سَوُّوا صُفُوفَكُمْ , فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصَّفِّ مِنْ تَمَامِ الصَّلاةِ

Luruskanlah shaf-shaf kalian, karena lurusnya shaf adalah kesempurnaan shalat” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ini kalau kondisinya aman atau normal memang sunnahnya harus demikian yakni lurus dan rapat. Namun kembali ke hukum dasar bahwa apabila ada situasi kedaruratan maka sesuatu yang tadinya dianjurkan bisa saja ditinggalkan atau bisa saja tidak kita lakukan.

Sekiranya ada di suatu masjid melakukan hal demikian, shalat berjamaah dengan berjauhan, maka hal ini karena mencegah kemudaratan. Apabila itu bertujuan untuk mencegah kedarutan tentu saja tidak apa-apa dan tetap sah shalatnya.

Apakah mendapatkan pahala shalat berjamaah? Ya tentu saja mendapatkan pahala berjamaah karena bagaimana pun shalat berjamaah itu pahalanya 23-27 derajat lebih baik daripada sendiri.

Nah karena situasi seperti ini maka posisi antara makmum itu berjauhan. Jadi hal ini adalah sesuatu yang diperbolehkan boleh jadi diwajibkan karena kita tidak mau orang lain menjadi mudarat untuk kita, dan kita pun tidak mau menjadi mudarat untuk orang lain.

Jadi kalau itu akan membinasakan atau dapat mencelakai orang lain, maka janganlah menjerumuskan diri ke dalam kebinasaan dan juga orang lain.

Paket Hemat Ibadah
.
📢 Spesial Offer 15%
Paket Hemat Ibadah
Sudah Benarkah Shalatku + Melangkah Ke Surga Dengan Shalat Sunat
Harga Normal Rp 110.000
KINI HANYA Rp. 93.500 (Pemesanan: 08112202496)

 

Sekali lagi, dalam shalat berjamaah afdholnya shafnya rapat dan lurus. Namun situasi darurat maka shaf berjarak diperbolehkan. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab.[ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: citra

Editor: iman

940

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini