Manfaat Konsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa

0
193

PERCIKANIMAN.ID— Menjelang Ramadhan ada satu buah yang paling dicari dan bahkan menjadi ciri khas di bulan ini. Buah kurma merupakan salah satu makanan khas yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Tidak hanya karena rasanya yang manis, ternyata buah kurma memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang baik untuk tubuh. Oleh sebab itu, rasulullah mensyariatkan umatnya untuk berbuka dengan kurma.

iklan

Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah membawakan dalam Bulughul Marom hadits no. 660,

وَعَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ اَلضَّبِّيِّ – رضي الله عنه – عَنِ اَلنَّبِيِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: – إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ, فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُورٌ – رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ وَابْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ

Dari Salman bin ‘Amir Adh Dhobbi radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak dapati kurma, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan.” (HR. Ibnu Majah, Abu Daud, An Nasai, Tirmidzi)

Ternyata anjuran Rasulullah untuk mengonsumsi kurma saat berbuka puasa bukan tanpa alasan, melainkan karena kurma memiliki banyak manfaat. Apa saja khasiat dan manfaat kurma?

  1. Mengembalikan energi

Selain saat berbuka puasa, buah kurma juga akan berkhasiat apabila dikonsumsi saat sahur. Kurma memiliki rasa manis yang dapat membantu menyimpan energi selama seharian berpuasa. Selain itu mengonsumsi kurma saat buka puasa juga dapat mengembalikan energi. Kurma bisa mempercepat pengembalian energi dalam tubuh karena mengandung fruktosa, yaitu sejenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Karena kaya akan manfaat, sangat sayang rasanya jika melewatkan momen berbuka puasa tanpa menyajikan kurma.

  1. Mencegah perkembangan penyakit

Dalam situasi saat ini, yang mana pandemi Covid-19 tengah mewabah, menjaga imunitas dan kesehatan penting untuk diperhatikan. Apalagi saat berpuasa kita akan kehilangan banyak energi di siang hari. Oleh karena itu, mengonsumsi buah kurma  bisa membantu mencegah perkembangan penyakit kronis, karena mengandung beberapa jenis antioksidan. Buah yang satu ini bisa membantu mencegah perkembangan penyakit jantung, kanker, ataupun diabetes.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Lonjakan kadar gula darah saat berbuka puasa menjadi satu hal yang harus diwaspadai. Maka dari itu, memilih jenis makanan yang bisa menghindari lonjakan kadar gula adalah hal yang harus dilakukan. Salah satu jenis makanan yang bisa menjadi pilihan adalah kurma.

Meski memiliki rasa yang manis, kurma tidak akan menyebabkan kadar gula darah melonjak. Malahan, kandungan serat yang ada pada buah kurma ternyata bisa membantu mencegah kadar gula darah meningkat drastis setelah makan. Kurma juga bisa membantu mengontrol gula darah, karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

  1. Mencegah Konstipasi

Saat puasa, konstipasi menjadi salah satu keluhan yang sering terjadi. Ternyata mengonsumsi kurma bisa membantu mengatasi masalah ini. Salah satu manfaat yang bisa didapat dari konsumsi kurma adalah mencegah susah buang air besar alias konstipasi. Hal itu berkat kandungan serat yang sangat tinggi dalam buah kurma.

sumber: halodoc.com

3

Red: Citra

Editor: admin

922