Hukum Wanita Upload Foto Di Media Sosial Untuk Promosi, Boleh atau Terlarang?

0
320
Muslimah sering menjadi model busananya sendiri untuk dijual. (ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID— Assalamu’alaykum. Pak Aam bagaimana menurut Islam kalau saya berfoto dengan maksud menjual baju yang saya kenakan? Istilahnya jadi model sendiri. Kemudiann foto tersebut saya upload atau share sosmed. Apakah itu termasukk tabarruj? Mohon penjelasannya. (Del via fb )

Wassalamu’alaykum, Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Jadi ada ibu-ibu atau teteh-teteh yang berfoto dengan baju yang dijualnya, sebutlah model. Ada pun model yang profesional ada juga yang model non-profesional atau amatir. Misalnya ia jualan tas, baju, atau jam tangan, kemudia ia memakai bajunya atau barang yang dijual untuk berfoto. Lalu bagaimana hukumnya?

iklan

Kembali kepada hukum dasar, pertama segala amal itu tergantung dengan niatnya. Kalau Anda berfoto dengan baju yang menarik atau tas yang mahal dengan niat berjualan tentu tidak ada masalah. Niat Anda kan untuk berjualan, dari segi niat tentu tidak ada masalah. Anda hanya sebagai penjual yang menawarkan barang yang Anda jual bukan bermaskud untuk pamer.

Kedua, tentu saja Anda tidak menampakkan aurat. Baju yang Anda pakai ialah baju muslimah, tentu saja tidak ada masalah. Betul memang bahwa prinsip pertama adalah tergantung niatnya, tetapi baju yang Anda gunakan pun harus menutup aurat.

Selama ini terpenuhi apa yang kita pakai tidak haram, cara memakainya juga tidak haram, niatnya juga lurus tentu saja ini bukan sesuatu yang terlarang.

Ini pendapat saya, tapi ada juga yang boleh jadi memiliki pendapat yang berbeda. Bahwa yang namanya wanita itu tidak boleh gambarnya muncul dimana pun. Tentu kita menghargai pendapat ini karena hal ini belum terjadi pada zaman Rasulullah.

Kalau hal yang baru maka sangat mungkin ada perbedaan pandangan. Hal ini disebut dengan ijtihad. Apabila Anda bertanya kepada Ustadz A jawabannya boleh, tapi boleh jadi Anda bertanya kepada Ustadz B jawabannya haram apa pun niatnya karena wanita itu tidak boleh gambarnya atau fotonya terpanpan dimana pun.

Silakan Anda ambil pendapat mana yang menurut Anda lebih dekat kepada kebenaran atau yang lebih realistis atau yang kiranya menentramkan hati Anda. Jangan sampai Anda sendiri tidak nyaman namun karena ingin promosi dan bajunya laku. Jadi ada keterpaksaan.

Atau kalau Anda tidak nyaman wajah atau fotonya tersebar tetapi ingin promosi maka bisa saja difoto tersebut wajah Anda disamarkan. Toh, sebenarnya tujuan Anda adalah promosi baju yang kenakan laku bukan wajah Anda. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab.[ ]

 

5

Red: citra

Editor: iman

905

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini