Hukum Qunut Nazilah Di Saat Pandemi Covid-19

0
318
Berdoa sangat dianjurkan saat ditimpa musibah. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID–Assalamu’alaykum. Pak Aam apakah dalam kejadian yang sekarang menimpa kita yakni adanya pandemi Corona, kita diperbolehkan qunut nazilah? Karena beberapa masjid menganjurkan untuk qunut. Mohon penjelasannya. Terima kasih . ( Salman via fb )

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Rasulullah sallalahualaihi wa salam pernah diminta oleh seorang kabillah seseorang guru agama yang mumpuni dan hafal serta paham betul al-quran.

iklan

Rasulullah pun mengirimkan 70 orang hafidz, orang yang hafal Al-Quran kepada kabilah tersebut. Tenyata saat sampai para hafidz ini dibantai, dibunuh, dan dihabisi sehingga rasulullah pun sedih.

Ini sebuah musibah besar karena orang-orang yang dikirim dan dibunuh itu orang-orang yang menguasai dan memahami Al-Quran dengan baik dan benar. Akhirnya Rasulullah berqunut pada saat .

Hal ini kemudian menjadi dalil rujukan apabila kita ditimpa musibah yang menurut kita sangat besar apakah itu menimpa diri kita atau orang lain, kita boleh melakukan qunut nazilah.

Jadi kalau sekarang ini kita menilai apa yang terjadi di masyarakat kita khususnya dan di dunia umumnya kita menghadapi wabah atau pandemi Covid-19 dan ini sangat menyita energi kita. Perekonomia terpuruk, harga saham turun, dollar naik melambung. Nah kan ini merupakan bentuk musibah besar, akhirnya kita dianjurkan melakukan qunut nazilah.

Tentu saja ini diperbolehkan karena ada contohnya dari Nabi. Namun qunut nazilah ini tidak dilakukan saat shalat Subuh saja, melainkan shalat-shalat lain Dzuhur, Ashar, Magrib, Isya juga.

Jadi dalam kondisi kita ditimpa musibah besar seperti sekarang ini kita diperbolehkan qunut tidak hanya saat shalat Subuh saja, tetapi setiap shalat wajib lainnya yang lainnya kita diperbolehkan. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: citra

Editor: iman

923

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini