Sedekah Saat Wabah Covid-19, Ini Keutamaanya!

0
164
Sedekah itu dapat mencegah atau menolak malapetaka (bala). ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID— Kini dunia sedang ditimpa musibah wabah Covid-19. Dalam rangka pencegahannya banyak negara yang memberlakukan sistem lockdown atau karantina suatu negara. Di Indonesia sendiri tidak diberlakukan istilah lockdown, melaikan social– atau physical distancing yang berarti menjaga jarak dan kontak fisik.

Hal ini sangat memengaruhi kehidupan dan segala aktivitas serta rutinitas seseorang. Setiap orang dituntut untuk melakukan segala aktivitasnya dari rumah. Bekerja dari rumah, belajar pun dari rumah. Pengaruh besar yang palig terasa adalah sektor ekonomi.

iklan

Dengan diharuskan setiap orang melakukan segala aktivitas dari rumah, jalanan pun sepi. Restoran, rumah makan, mall, tempat perbelanjaan, rekreasi pun ikut ditutup. Segala macam aktivitas dihentikan sementara. Akibatnya pun tak sedikit mereka yang mengalami penurunan pendapatan bahkan kehilangan pekerjaan.

Bayangkan ketika biasanya seorang ojek online atau supir taksi biasanya mengangkut puluhan penumpang, tapi kini hanya beberapa orang saja yang dapat bepergian. Bukan hanya supir taxi atau ojek online, ada banyak mereka di luar sana yang bergantung pada pendapatan harian.

Oleh sebab itu, di sinilah peran kita sebagai seorang muslim yang masih mampu dan diberikan kelebihan harta.

Ayat berikut menunjukkan keutamaan bersedekah saat masa krisis, bencana, dan kebutuhan hidup melilit. Allah Ta’ala berfirman,

فَلَا اقْتَحَمَ الْعَقَبَةَ (11) وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْعَقَبَةُ (12) فَكُّ رَقَبَةٍ (13) أَوْ إِطْعَامٌ فِي يَوْمٍ ذِي مَسْغَبَةٍ (14)

Tetapi dia tiada menempuh jalan yang mendaki lagi sukar. Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan.” (QS. Al-Balad: 11-14).

Ibnu Jarir Ath-Thabari rahimahullah (224-310 H) menerangkan bahwa memberi makan pada hari “dzi mas-ghabah”, maksudnya adalah pada masa kelaparan, ketika makanan menjadi langka, di masa semua kebutuhan terfokus pada makanan. Lihat Tafsir Ath-Thabari, 23:255-256.

Sedekah kita dapat meringankan beban mereka. Sebagai seorang muslim bukankah sudah menjadi tugas kita untuk meringankan beban saudara kita ketika ia tertimpa musibah? Ditambah lagi jika wabah Covid-19 mau segera terangkat, sedekah harus jadi solusinya.

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan bahwa manfaat sedekah begitu banyak, hanya Allah yang bisa menghitungnya, di antara manfaatnya adalah:

أَنَّهَا تَقِيَ مَصَارِعَ السُّوْءِ وَتَدْفَعُ البَلاَءَ حَتَّى إِنَّهَا لَتَدْفَعَ عَنِ الظَّالِمِ , قاَلَ إِبْرَاهِيْمُ النَّخَعِي: وَكَانُوْ يَرَوْنَ أَنَّ الصَّدَقَةَ تَدْفَعُ عَنِ الرَّجُلِ الظَّلُوْمِ ,وَتُطْفِئُ الخَطِيْئَةَ وَتَحْفَظُ المَالَ وَتَجْلِبُ الرِّزْقَ وَتُفْرِحُ القَلْبَ وَتُوْجِبَ الثِّقَّةَ بِاللهِ وَحُسْنَ الظَّنِّ بِهِ

Sungguh bersedekah itu mencegah kematian yang jelek, mencegah malapetaka (bala), sampai sedekah itu melindungi dari orang yang zalim. Ibrahim An-Nakha’i mengatakan, ‘Orang-orang dahulu memandang bahwa sedekah akan melindungi dari orang yang suka berbuat zalim.’ Sedekah juga akan menghapus dosa, menjaga harta, mendatangkan rezeki, membuat gembira hati, serta menyebabkan hati yakin dan berbaik sangka kepada Allah.” (‘Uddah Ash-Shabirin wa Dzakhirah Asy-Syakirin, hlm. 313).

Semoga Allah mudahkan kita untuk bersedekah sehingga bala wabah Covid-19 segera terangkat dari negeri ini. Aamiin. [ ]

Sumber: rumaysho.com

3

red: citra

editor: admin

922

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini