Keutamaan Shalat Bagi Wanita, Di Rumah atau di Masjid ?

0
259
Biasanya wanita shalat berjamaah Tarawih saat Ramadhan. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID— Assalamu’alaykum. Pak Aam apa hukumnya jika seorang perempuan melaksanakan shalat  5 waktu di masjid, apakah wajib atau bagaimana? Guru saya mengatakan perempuan di Makkah selalu shalat ke masjid. Sementara ada hadits keutamaan shalat bagi wanita di rumah. Mohon penjelasannya. ( Elegy via fb )

Wassalamu’alaykum, Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Ya begini, ada hadits yang mengatakan,

iklan

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ مَسَاجِدِ النِّسَاءِ قَعْرُ بُيُوتِهِنَّ

Sebaik-baik masjid bagi para wanita adalah di bagian dalam rumah mereka.” (HR. Ahmad, 6: 297. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan dengan berbagai penguatnya).

Jadi apabila Anda bertanya mana yang paling afdol bagi perempuan shalat di rumah kah atau shalat di masjid untuk shalat 5 waktu? Ya, tentu apabila kita merujuk kepada hadits Rasulullah, jelas sekali bahwa tempat shalat terbaik bagi perempuan adalah rumahnya.

Baik shalat wajib atau shalat sunnah tempat terbaik untuk perempuan ialah di rumahnya. Terkecuali untuk shalat-shalat yang memang harus dilakukan di masjid seperi tahiyyatul masjid. Namun kalau shalat rawatib, shalat wajib, atau shalat Dhuha atau Tarawih tetap sebaik-baiknya tempatnya ialah di rumah.

Berbeda dengan laki-laki, kalau laki-laki sebaik-baiknya shalatnya ialah di masjid, untuk shalat yang 5 waktu. Jadi itu sudah menjadi hukum yang ditetapkan dalam hadits-hadits nabi. Silakan Anda lihat di dalam buku-buku kumpulan hadits di sana ada berbagai riwayat hadits tentang keutaman shalat di rumah bagi perempuan atau kaum wanita.

Nah, sementara bagi laki-laki tempat terbaik untuk shalat ialah di masjid khusus shalat wajib yang 5 waktu. Kalau shalat sunat maka boleh dikerjakan di rumah. Mengapa demikian berbeda?

Pertama, itulah yang diajarkan Rasul dalam artian itu bersifat Tauqifi, artinya kita terima seperti itu. Namun kita bisa melihat hikmahnya. Seorang ibu itu harus menjadi teladan bagi anak-anaknya. Misalnya seorang ibu mengajarkan anaknya yang masih kecil bagaimana shalat tanpa menggangu orang lain di masjid.

Nah, semakin anaknya besar tentu saja bapaknya bisa mengajaknya ke masjid. Jadi memang ada unsur keteladanan. Itulah di antara hikmah kenapa sebaik-baiknya tempat shalat bagi perempuan adalah di rumahnya.

Terus apakah wanita tidak boleh shalat di masjid? Tentu saja boleh, wanita shalat di masjid hukumnya tidak sampai haram atau terlarang.

Jika wanita ingin melaksanakan shalat berjama’ah di masjid selama memperhatikan aturan seperti menutupi aurat dan tidak memakai harum-haruman atau tidak timbul fitnah, maka boleh. Dalam hadits dari Salim bin ‘Abdullah bin ‘Umar bahwasanya ‘Abdullah bin ‘Umar berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمُ الْمَسَاجِدَ إِذَا اسْتَأْذَنَّكُمْ إِلَيْهَا

Janganlah kalian menghalangi istri-istri kalian untuk ke masjid. Jika mereka meminta izin pada kalian maka izinkanlah dia.” (HR. Muslim).

Menurut ulama setidaknya ada tiga syarat yang mesti dipenuhi ketika seorang wanita ingin shalat berjamaah di masjid: (1) menutup aurat, (2) tidak memakai minyak wangi, (3) harus mendapatkan izin suami. Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat.

Nah, terkait dengan pembahasan shalat lebih detail atau rinci Anda dan bapak ibu sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul ” SUDAH BENARKAH SHALATKU? ” atau ” MELANGKAH KE SURGA DENGAN SHALAT SUNAT “. Disitu ada penjelasan tentang hukum shalat,bacaan, doa dan sebagai dengan dalil yang shahih.  Wallahu’alam bishshawab. [ ]

buku shalat wudhu

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: citra

Editor: iman

703

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini