Tips Ibu Hamil Agar Tidak Terpapar Virus Corona

0
147
Sampai saat ini belum ada bukti bahwa infeksi Covid-19 dapat ditularkan ke bayi melalui rute transplasenta saat hamil ( ilustrasi foto: pixabay)

Oleh: dr. Ardian Suryo Anggoro SpOG FMAS* 

PERCIKANIMAN.ID – – Covid-19 (Coronavirus disease 2019) adalah penyakit yang sekarang sedang mewabah di seluruh dunia, dengan nama virus penyebabnya adalah SARS-COV2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2). Penyakit Covid-19 yang dimulai dari Wuhan pada akhir 2019 dapat menimbulkan gejala ringan, sedang, atau berat.

iklan

Gejala klinis utama adalah demam (suhu >38C), batuk terus-menerus, dan kesulitan bernafas. Gejala lain yang bisa timbul cepat lelah, nyeri otot, gejala sakit perut seperti diare dan gejala saluran napas lain. Kebanyakan pasien memiliki prognosis baik, sebagian dalam kondisi kritis bahkan meninggal.

Pada ibu hamil penyakit Covid-19 ini tentunya menjadi perhatian khusus. Meskipun sampai saat ini pengetahuan tentang infeksi Covid-19 dalam hubungannya dengan kehamilan dan janin masih terbatas dan belum ada rekomendasi spesifik untuk penanganan ibu hamil dengan Covid-19.

Berdasarkan pengalaman dengan infeksi Coronavirus sebelumnya (SARS-COV dan MERS-COV) dan beberapa kasus Covid-19 dipercaya bahwa ibu hamil memiliki risiko lebih tinggi untuk terjadinya penyakit berat dan kematian dibandingkan dengan populasi umum.

Temuan klinis pada ibu hamil mirip dengan orang dewasa yang tidak hamil. Tidak ada perbedaan manifestasi klinis dibanding populasi umum. Gejala yang dapat timbul seperti flu ringan sampai berat, pneumonia berat dapat terjadi pada ibu hamil usia tua.

Risiko lebih meningkat pada ibu hamil dengan penyakit penyerta (hipertensi, diabetes, asma). Belum ada laporan kematian ibu hamil dengan infeksi Covid-19.

Sampai saat ini masih belum jelas dan belum ada bukti bahwa infeksi Covid-19 dapat ditularkan ke bayi melalui rute transplasenta. Dalam hal pengaruh ke janin, sampai saat ini belum ada bukti bahwa Covid-19 meningkatkan angka keguguran. Terdapat data bahwa Covid-19 meningkatkan lahir prematur.

Apabila pada ibu hamil terdapat gejala-gejala demam atau batuk terus-menerus disarankan tetap di rumah kurang lebih 7 hari dengan menghubungi dokter kebidanan terdekat. Apabila keluhan tidak membaik segera menghubungi satgas Covid-19.

Bila hasil pemeriksaan ibu hamil positif Covid-19 segera dilakukan pemeriksaan kehamilan dan karantina mandiri, bila gejala berat harus dirawat di RS rujukan.

Pemeriksaan ultrasound disarankan dilakukan 14 hari setelah masa karantina. Sehubungan dengan proses persalinan, saat ini tidak ada bukti bahwa persalinan abdominal akan memiliki luaran lebih baik dibandingkan persalinan vaginal pada kasus infeksi Covid-19.

Penularan Covid-19 pada ibu hamil sama dengan populasi umum, yaitu melalui droplet dan kontak. Cara terbaik menghindari Covid-19 adalah dengan menghindari virus penyebab dengan melakukan tindakan tindakan pencegahan penularan dalam praktik kehidupan sehari-hari.

Pencegahan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, bersalin, dan nifas yaitu:

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air sedikitnya selama 40 detik atau dengan hand sanitizer berbasis alcohol 70% selama 20 detik jika air dan sabun tidak tersedia.
  2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
  3. Gunakan masker jika sedang sakit atau bepergian keluar rumah.
  4. Tutup mulut dan hidung jika sedang batuk dan bersin.

Dengan semakin masif penyebaran virus Covid-19 diharapkan pada semua ibu hamil untuk sementara lebih disarankan untuk berdiam diri di rumah dan tidak ke rumah sakit atau tunda dulu ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan kecuali dalam keadaan darurat seperti muntah hebat, perdarahan, kontraksi atau nyeri perut hebat, pecah ketuban, tekanan darah tinggi, nyeri kepala hebat, tidak merasakan gerakan janin, kejang. Semoga bermanfaat. [ ]

*dokter spesialis RSUD Pasar Rebo, RS Brawijaya, dan MND Klinik Condet

Sumber: detik.com

5

Red: admin

Editor: iman

930

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini