Anjuran Rasulullah, Ini Manfaat Bangun di Pagi Hari

0
75
Bangun Subuh selain banyak manfaat juga menyehatkan. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID— Saat Social Distancing atau mengurangi kontak sosial menyebabkan segala sesuatu harus dilakukan dari rumah, mulai dari belajar hingga bekerja pun dilakukan dari rumah.

Hal ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus corona atau Covid-19 yang kini sedang mewabah di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Berkegiatan dari rumah tentunya dapat menghemat waktu, kita tak perlu menghabiskan berjam-jam menuju ke tempat kerja atau sekolah. Namun hal ini bukan berarti kita dapat bermalas-malasan apalagi di waktu pagi.

Rasulullah SAW tidak mengajarkan umatnya untuk bermalas-malasan di waktu pagi. Beliau adalah seorang yang gemar memanfaatkan waktu pagi khususnya sebelum dan setelah shalat Subuh. Lalu apa saja manfaat bangun di pagi hari?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَقِدَ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ ، وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari no. 1142 dan Muslim no. 776)

Disebutkan di akhir hadits bahwa orang yang bangun dan terlepas darinya tiga ikatan setan, ia akan semangat dan fit di pagi harinya. Jika tiga ikatan tersebut tidaklah lepas, maka akan malas dan tidak sehat di pagi harinya.

Selain itu waktu pagi adalah waktu yang berkah dan penuh kebaikan. Waktu pagi telah dido’akan khusus oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai waktu yang berkah.
Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Selain banyak keutamaan waktu di pagi hari, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita bangun pagi dan memanfaatkan waktu di pagi hari sebaik mungkin.

Beberapa manfaat bangun pagi yang bisa kita rasakan ialah menghirup udara segar dan merasakan hangatnya matahari pagi. Di saat mewabahnya virus corona ini, kita pun dianjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Dikutip dari Alodokter, sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. Jadi masih malas bangun pagi? [ ]

Diolah dari berbagai sumber

3

Red: citra

Editor: admin

922

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini