Hindari Corona, Ini Manfaat Madu dan Kurma Bagi Kesehatan

0
193
Kurma, buah surga kaya manfaat. (foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID— Peningkatan jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia semakin meningkat secara signifikan. Berkaitan hal ini pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menangani wabah virus yang tersebar di berbagai negara di dunia ini. Salah satu upaya preventif ialah dengan menjaga pola hidup sehat. Di antara pola hidup seha yang perlu kita lakukan ialah memakan makanan yang bergizi dan bernutrisi. Hal ini tentu akan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar virus dan penyakit tidak mudah menyerang tubuh. Salah satu makanan yang disunnahkan Rasulullah ialah kurma dan madu. Dalam Al-Quran dan hadits kurma dan madu disebut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Lantas apa saja manfaat kurma dan madu bagi kesehatan?

Salah satu manfaat kurma yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beliau bersabda: “Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir” (HR. Bukhari & Muslim).

iklan

Sementara itu Allah menyebutkan tentang madu dalam Al-Quran surat An-Nahl ayat 68-69:

“Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gu­nung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari segala macam buah-buahan, lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan bagimu.” Dari perut lebah itu keluar ma­du yang bermacam-macam warna­nya. Di dalamnya, terdapat obat bagi manusia. Sungguh, pada peristiwa itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Allah bagi orang yang berpikir.”

Madu dan kurma terbukti memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan bahkan tidak sedikit orang yang memakan kurma dengan tetesan madu.  Ya, dikutip dari situs HelloSehat, kombinasi kurma dan madu memang dipercaya bisa menunjang kesehatan tubuh, di antaranya:

  1. Menstabilkan kadar gula darah

Sebuah penelitian yang dimuat pada Nutrition Journal, menyatakan bahwa meskipun kurma mengandung gula alami dalam jumlah yang tinggi, namun kurma memiliki indeks glikemik yang rendah. Maka itu, Anda tidak perlu khawatir gula darah akan meningkat pesat setelah Anda memakannya.

Begitu pula dengan madu. Rasa manis yang khas dari madu bisa menjadi alternatif ideal sebagai pengganti gula. Terlalu banyak makan gula akan menyumbang kalori berlebih tanpa memberikan manfaat. Sementara menambahkan madu ke dalam makanan dan minuman Anda, bisa mempermanis rasa sekaligus memberi tubuh beragam nutrisi baik.

Meski begitu, penderita diabetes harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter berapa banyak kurma dan madu yang boleh Anda konsumsi.

  1. Menurunkan kadar trigliserida

Makanan dan minuman yang dikonsumsi dengan sembarangan tentu bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Misalnya makan makanan dengan kandungan kalori, gula, dan lemak yang tinggi bisa menjadi salah satu pemicu meningkatkan kadar trigliserida dalam tubuh.

Peningkatan trigliserida ini kemudian memicu munculnya berbagai penyakit, di antaranya penyakit jantung dan diabetes. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi madu bisa menurunkan kadar trigliserida yang tinggi. Hal ini juga didukung oleh penelitian yang diterbitkan pada Scientific World Journal, membandingkan konsumsi madu dan gula terhadap peningkatan kadar trigliserida. Hasilnya, sebanyak 11,19 persen tingkat trigliserida lebih rendah pada kelompok yang mengonsumsi madu.

Sama halnya dengan madu, kurma juga disinyalir efektif guna menurunkan kadar trigliserida tubuh. Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, mendapatkan hasil bahwa makan kurma mampu menurunkan kadar trigliserida sebesar 8-15 persen lebih baik.

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Saat mewabahnya virus corona kita harus menjaga tubuh kita untuk selalu fit. Salah satu cara praktis dan mudah yang bisa Anda lakukan yakni dengan mengonsumsi kurma dan madu

Pasalnya, kurma mengandung beragam vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh. Seperti vitamin B dalam kurma bermanfaat dalam membantu proses pencernaan makanan sekaligus pembentukan sel darah baru. Tidak hanya itu, vitamin A dan vitamin K yang terkandung dalam kurma juga dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh.

Semua nutrisi baik dari kurma akan lebih optimal lagi bila Anda iringi konsumsinya dengan beberapa tetes madu. Ya, madu tidak kalah baik dalam menyuplai nutrisi yang penting untuk tubuh selama berpuasa. Sebab, madu mengandung banyak antioksidan penting – seperti fenol, flavonoid, dan asam organik.

  1. Menambah energi

Tahukah Anda? Bahwa dalam satu sendok madu seberat 21 gram mengandung 64 kalori dan 17 gram gula – seperti fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa, sedangkan kurma merupakan sumber fruktosa alami.

Kandungan-kandungan tersebut akan diolah menjadi kalori, yang bisa diandalkan untuk meningkatkan energi tubuh yang telah terkuras selama Anda beraktivitas di kala puasa.

Ada berbagai cara yang bisa Anda coba untuk mengonsumsi madu dan kurma – misalnya dengan memakannya secara bersamaan, mengolahnya menjadi camilan ringan, ataupun makan kurma disertai dengan mencampurkan madu dalam minuman.

3

Red: Citra

Editor: Admin

922