Bolehkah Titip Doa Kepada Orang Yang Umroh?

0
161
Calon jamaah haji berharap pelaksanaan ibadah haji 2020 tidak ditunda. ( ilustrasi foto: pixabay )

PERCIKANIMAN.ID— Assalamu’alaikum. Pak Aam bolehkah kita meminta doa atau  titip doa  kepada orang yang sedang berhaji atau umrah agar saya segera diberikan jodoh? Mohon nasihat dan penjelasannya. ( E via fb )

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Ya tentu saja boleh. Kita ini boleh titip doa atau meminta untuk didoakan kepada orang yang sekiranya dia itu mustajab.

Menagapa saudara-saudara kita sering kali meminta untuk didoakan saat seseorang hendak pergi umrah? Karena saat kita berhaji dan umrah, ada yang disebut dengan waktu dan tempat yang mustajab, misalnya ketika kita tawaf.

Biasanya ketika seseorang berada di tanah suci, melaksanakan haji atau umrah kedekatan hati seseorang berbeda. Sering kali orang yang beribadah di tanah suci merasakan kenikmatan dan kekhusyukan dalam ibadahnya berbeda seperti pada umumnya.

Hal ini tentu saja karena atmosfir yang berbeda dan suasana yang lebih kondusif ketika berada di Makkah. Dengan demikian, tentu tidak apa-apa jika Anda menintipkan doa atau meminta didoakan agar segera diberikan jodoh.

Wilayah manusia itu adalah ikhtiar dan doa. Allah akan melihat setiap ikhtiar dan doa kita. Maka itu lah yang disebut tawakkal. Allah berfirman:

(159). فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ……

“…..Kemudian, apa­­bi­la kamu telah membulatkan tekad, bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya, Allah mencintai orang yang bertawakal.” (QS. Ali Imran: 159)

Di situ diungkapkab bahwa jika kita memiliki cita-cita yang kuat, maka bertawakkallah kepada Allah. Di dalam tawakkal itu ada 4 unsur, pertama doa, kedua ikhitar, ketiga rasa syukur ketika sukses, dan sabar ketika gagal.

Jadi dalam dalam tawakkal itu ada 4 unsur, ikhitar dengan sungguh-sungguh dan bekerja keras. Kemudia ikhtiar itu dibingkai dengan doa. Jika Anda sukses maka kita harus bersyukur, namun jika belum sukses kita harus bersabar.

Dalam Al-Quran Allah berfirman tentang hal ini. Anjuran untuk berkerja keras tertulis dalam quran surat Al-Mulk ayat 2:

ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْمَوْتَ وَٱلْحَيَوٰةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْغَفُورُ

“Allah yang menciptakan mati dan hi­dup, untuk mengujimu, siapa di antara kamu yang paling baik amalnya. Allah Mahaperkasa, Maha Pengampun.” ( QS.Al-Mulk: 2)

Lalu bingkai dengan doa, ayat ini juga cukup jelas Allah katakana dalam quran surat Al-Baqarah ayat 186:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Apabila hamba-hamba-Ku berta­nya kepadamu tentang Aku, jawablah bahwa Aku dekat. Aku kabulkan per­mohonan orang yang berdoa jika ia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mere­ka menaati perintah-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran.”

 Bersyukur, banyak juga ayat yang menjelaskan tentang kewajiban kita untuk bersyukur, di antaranya adalah surat Lukman ayat 12:

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا لُقْمَٰنَ ٱلْحِكْمَةَ أَنِ ٱشْكُرْ لِلَّهِ ۚ وَمَن يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِۦ ۖ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ حَمِيدٌ

“Sungguh, Kami telah memberikan hikmah kepada Lukman, yaitu, “Ber­syu­kur­lah kepada Allah! Barang si­apa bersyukur kepada Allah, maka se­­sungguhnya ia bersyukur untuk diri­nya sendiri dan barang siapa tidak ber­syukur, maka sesungguhnya Allah Maha­kaya, Maha Terpuji.”  

Sabar, banyak juga ayatnya, salah satunya quran surat Ali Imran ayat 200:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Hai, orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu. Tetaplah waspada dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung”

Jadi sekali lagi boleh menitip doa atau minta didoakan orang lain untuk kebaikan kita. Jangan lupa sekiranya orangtua masih ada khususnya ibu, maka mintalah doa dari ibu Anda. Mudah-mudahan Allah segera mempertemukan jodoh buat Anda.

Nah, terkait dengan doa Anda dan juga bapak ibu sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul ” DOA ORANG-ORANG SUKSES “. Disitu ada panduan cara berdoa, contoh doa baik dari Al Quran atau pun hadits dan sebagainya. Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. []

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA:081281818177 atau  email:  [email protected]  atau in box melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: citra

Editor: iman

920

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini