Benarkah Ruh Orang Meninggal Suka Datang Ke Rumah? Ini Penjelasannya

0
294
Tempat jasad orang yang sudah meninggal di kuburan. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID— Assalamu’alaikum. Pak Aam benarkah apabila orang yang sudah meninggal ruhnya masih ada di rumah? Ada seorang teman saya yang melihat almarhum kakek saya di rumah padahal sudah meninggal satu tahun yang lalu, apakah itu jin atau siapa? Mohon penjelasannya . ( Selly via fb )

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Allah berfirman dalam QS. Al-Mukminun ayat 100:

(99) حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ

(100) لَعَلِّىٓ أَعْمَلُ صَٰلِحًا فِيمَا تَرَكْتُ ۚ كَلَّآ ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَآئِلُهَا ۖ وَمِن وَرَآئِهِم بَرْزَخٌ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

“Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu, hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, ia ber­kata, “Ya Tuhanku, kembalikanlah aku ke dunia, agar aku dapat berbuat kebajikan yang telah aku tinggalkan.” Sekali-kali tidak! Sungguh, itu dalih yang diucap­kannya saja. Di hadapan mereka ada barzakh sampai mereka dibangkitkan.” (QS. Al Mukminun: 99 – 100)

Dengan memahami ayat ini maka tidak benar jika orang yang sudah meninggal ruhnya masih ada di rumah. Menurut surat Al-Mukminun dijelaskan bahwa jika seseorang itu mati ruhnya ada di alam barzah.

Jika kita mati itu ada dua tempat, pertama jasad dan kedua ialah ruh. Jasada itu adanya di kuburan. Rasulullah menganjurkan kita untuk segera menguburkan jenazah orang yang sudah meninggal.

Rasulullah shallallahu alaihu wasallam bersabda: “Wahai Ali, ada tiga perkara yang tidak boleh engkau tunda, yakni salat jika telah tiba waktunya, jenazah apabila telah hadir, dan wanita apabila telah ada calon suami yang sekufu” (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

Jadi rasulullah mengajurkan untuk segera menguburkan jenazah orang yang sudah meninggal. Nah ini jasadnya.

Sementara kuburan itu jelas alamatnya, temoat dimana seseorang yang sudah meninggal dikuburkan. Kuburan itu memiliki sejumlah ketentuan misalnya ahrus menghadap kiblat, tidak boleh juga kuburan itu dibangun.

Masih banyak orang yang tidak tahu bahwa sebenarnya di atas kuburan itu tidak boleh dibangun misalnya menggunakan keramik atau beton. Sebenarnya ini tidak sesuai dengan syariat islam.

Sebaiknya kuburan itu rata saja dengan tanah, jika di pinggirnya ingin ditembok boleh agar orang lain mengetahui dan tidak menginjak-injaknya dan boleh juga ditumbuhi rumput. Jadi jasad kita sudah jelas adanya di kuburan

Lalu ruh kita dimana? Ruh seorang yang sudah meninggal ada di alam barzah. Dimana itu alam barzah? Hanya Allah yang mengetahui dimana itu alam barzakh. Nah, yang pasti ruh seseorang itu tidak akan ada di rumah kita, melainkan di alam barzakh yang hanya Allah yang mengetahuinya.

Lalu bagaimana dengan seorang yang bisa melihat kakek Anda di rumah padahal ia sudah meinggal sejak lama? Nah ini buka ruh, tapi jin yang menyerupai almarhum. Jin itu tidak bisa menampakkan wujud asli dirinya. Dia harus menyerupai makhluk lain, misalnya binatang, mahkluk yang tidak enak dilihat atau bahkan seseorang yang sudah meninggal.

Jadi apa yang dilihat oleh teman Anda itu bukan kakek Anda, melainkan jin yang menyerupai kakek Anda.

Nah, pembahasan tentang jin, bagi Anda dan juga pembaca sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul ” MENELANJANGI STRATEGI JIN “, ada pembahasan yang lengkap dengan dalil yang insya Allah shahih. Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. []

5

Red: citra

Editor: iman

820

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini