Begini Cara Menjaga Kesehatan Agar Terhindar dari Virus Corona

0
100
Olahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia. (Foto: Pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – Saat ini kasus Virus Corona semakin bertambah setiap harinya, tidak terkecuali di Indonesia. Per hari ini Selasa (17/03) sudah ada 134 pasien yang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19. Dilansir laman IFL sama seperti flu, COVID-19 dimulai di paru-paru dan menyebar melalui tetesan air ketika seseorang bersin atau batuk. WHO melaporkan bahwa SARS menyerang tubuh dalam tiga fase, yaitu replikasi virus, hiperaktif imun, dan perusakan paru-paru, yang tampaknya mirip dengan bagaimana COVID-19 menyerang tubuh manusia. Oleh karena itu, untuk melawan virus corona ini kita perlu menjaga imunitas agar tetap kuat dan sehat. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan?

Menurut beberapa sumber seperti literatur Al-Quran maupun hadits, Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang jarang terkena penyakit dan selalu sehat dalam menjalankan aktivitas dakwahnya sehari-hari. Hal ini disebabkan dalam kesehariannya, Beliau selalu menerapkan cara hidup sehat. Berikut cara hidup sehat yang selalu dikerjakan Nabi Muhammad dalam kesehariannya:

  1. Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan

Tangan merupakan media yang paling rentan menularkan virus ke dalam tubuh kita. Terkadang dengan tangan yang kotor sering kali kita tidak menyadari memegang bagian mulut, hidung, atau mata. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam adalah seseorang yang selalu menyempurnakan wudhunya. Beliau mencuci tangannya sampai ke sela-sela hingga bersih. Maka itu, tak heran Nabi tidak pernah mengalami gangguan pencernaan atau sakit perut walaupun makan dengan menggunakan tangan.

Diriwayatkan oleh Laqith bin Shabrah, katanya, “Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang wudhu?’” Nabi berkata, “Sempurnakan wudhu-mu, dan sela-selah antara jari-jemarimu, dan bersungguh sungguhlah dalam memasukkan air ke dalam hidung kecuali jika kamu dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

  1. Berolahraga

Salah satu cara menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh ialah dengan rajin berolahraga. Dalam suatu riwayat hadits, Rasulullah memiliki tubuh bugar dan apabila berjalan langkahnya juga cepat.

Dari Amirul Mukminin, Umar al-Faruq ibn al-Khattab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (Riwayat Sahih Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Hurairah RA, dia berkata: “Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan dari Rasulullah; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”

  1. Mengonsumsi makanan halal dan bergizi

Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita adalah sumber energi bagi kita. Makanan yang sehat dan bergizi akan menjadikan daya tahan tubuh atau imunitas kita juga baik. Begitupun dengan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang rajin mengonsumsi makanan bergizi seperti buah delima, kurma, madu, zaitun, buah tin, ikan laut, gandum, sayuran dan daging.

Sebagai seorang muslim tentu saja makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita harus halal atau tidak mengandung segala sesuatu yang dilarang oleh Allah. Allah berfirman, “Makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu. Bersyukurlah akan nikmat Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.” (QS. An Nahl: 114).

  1. Cepat Tidur dan Cepat Bangun

Rasulullah biasa tidur di awal malam dan bangun pada pertengahan malam kedua. Kemudian beliau bersiwak (sikat gigi), lalu berwudhu dan shalat sampai waktu Subuh. Beliau tidak pernah tidur berlebihan, namun tidak pula menahan diri untuk tidur sekedarnya. Tidur yang dianjurkan beliau adalah dengan memiringkan badan ke sebelah kanan dan kadang berbalik arah ke sebelah kiri untuk mempercepat proses pencernaan makanan.

3

Red: Citra

Editor: Admin

922

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini