Jangan Panik, Begini Cara Hadapi Ancaman Virus Corona!

0
307
Dua WNI di Depok dinyatakan positif Virus Corona, Selasa (02/03)
Dua WNI di Depok dinyatakan positif Virus Corona, Selasa (02/03)

PERCIKANIMAN.ID—Setelah sekian lama warga dunia mempertanyakan keberadaan Virus Corona di Indonesia, Presiden Joko Widodo nyatakan 2 WNI positif terjangkit Virus Corona (Covid-19) pada Selasa (02/03). Hal ini memicu kekhawatiran sebagian besar warga Indonesia. Berbagai penyuluhan pentingnya menjaga kebersihan dan mencuci tangan mulai gencar disosialisaikan baik secara langsung, maupun melalui media sosial. Wabah Virus Corona atau Covid-19 ini menjadi ancaman dan momok besar bagi bangsa Indonesia. Sebagai seorang muslim, apa yang harus dilakukan dengan adanya acaman Virus Corona? Bagaimana cara menghadapai mewabahnya penyakit ini dalam Islam?

Dalam menghadapi situasi mengancam keselamatan jiwa dan raga, pertama yang mesti kita lakukan adalah bertawakal hanya kepada Allah, kemudian berdoa kepada Allah agar diberikan pertolongan.

iklan

Jangan panik atau pun ketakutan yang berlebihan. Sebaiknya bertawakkallah dan berdoa kepada Allah agar diberikan petolongan

Demikian pula yang dilakukan oleh Fir’aun terhadap kaum Nabi Musa dari golongan tukang sihir yang seketika beriman tatkala sihir mereka dikalahkan oleh mukjizat Nabi Musa. Fir’aun mengancam bahwa dirinya akan memotong kedua tangan dan kaki mereka dengan bersilang dan mereka akan disalib semua.

رَبَّنَآ أَفۡرِغۡ عَلَيۡنَا صَبۡرٗا وَتَوَفَّنَا مُسۡلِمِينَ ١٢٦

“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan matikanlah kami dalam keadaan Muslim (berserah diri kepada-Mu).” (QS. Al-A’raaf [7]: 126).

Bahkan Nabi Musa menguatkan para pengikutnya dengan mendorong mereka untuk terus memohon kepada Allah dan bersabar.

قَالَ مُوسَىٰ لِقَوۡمِهِ ٱسۡتَعِينُواْ بِٱللَّهِ وَٱصۡبِرُوٓاْۖ

“Musa berkata kepada kaumnya, “Mohonlah pertolongan kepada Allah dan bersabarlah.” (QS. Al-A’raaf [7]: 128).

Oleh karena itu, seberat apapun masalah hidup atau ancaman yang kita terima, berdoa dan bersabarlah. InsyaAllah pertolongan-Nya akan datang sesuai dengan kehendak-Nya.

Jadi kita tidak perlu takut dan panik berlebihan. Yakinlah bahwa segala sesuatu datang dari Allah dan hanya kepada Allah kita memohon petunjuk dan pertolongan. Tentu saja kita juga harus berikhtiar menjaga diri kita dari virus ini.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan cara pencegahan yang bisa dilakukan soal penularan virus corona kepada masyarakat luas. Apa saja cara pencegahan virus corona COVID-19 menurut anjuran WHO tersebut?

  • Mencuci tanagan sesering mungkin

Sering-seringlah mencuci tanganmu dengan sabun dan air atau antiseptik berbahan dasar alkohol jika tanganmu terlihat kotor. Mencuci tangan dengan sabun dan air atau antiseptik berbahan dasar alkohol akan menghilangkan virus yang terdapat di tanganmu.

  • Terapkan etika bersin dan batuk yang baik

Ketika hendak batuk atau bersin, tutuplah mulut dan hidung dengan bagian dalam siku lengan atau tisu, kemudian buanglah tisu segera ke dalam tempat sampah tertutup. Kemudian bersihkan tangan dengan antiseptik berbahan dasar alkohol atau cuci tangan dengan sabun dan air.

Cara pencegahan virus corona COVID-19 yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah pertahankan jarak setidaknya 1 meter (3 kaki) dengan orang lain, khususnya dengan mereka yang sedang batuk, bersih, dan demam.

  • Menjaga jarak dengan orang lain

Saat seseorang yang terinfeksi dengan penyakit saluran pernafasan, seperti virus corona yang diberi nama baru COVID-19, batuk-batuk atau bersin-bersin, mereka memproduksi partikel kecil yang mengandung virus. Jika terlalu dekat dengan mereka, bukan tidak mungkin kamu bisa menghirup virus tersebut.

  • Hindari menyentuk bagian wajah dengan tangan kotor

Tangan kita menyentuh banyak permukaan yang bisa saja terkontaminasi virus. Jika Anda menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan menggunakan tangan yang telah terkontaminasi virus, maka Anda akan memindahkan virus dari permukaan benda tersebut ke dalam tubuhmu.

  • Jika merasa demam, batuk, atau susah bernapas, segera cari bantuan medis

Beritahu tenaga medis jika kamu telah melakukan perjalanan di suatu daerah di China, tempat di mana virus corona (COVID-19) dikabarkan muncul, atau jika kamu pernah melakukan kontak dengan seseorang yang sehabis melakukan perjalanan ke China dan memiliki gejala gangguan pernapasan.

Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari segala marabahaya dan penyakit. Aamiin…

3
Red: Citra
Editor: admin
922