Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Anak Dan Remaja

0
135
Usia remaja, anak masih mencari jati diri maka perlu pendampingan orangtua. ( foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Bersosialisasi sangat diperlukan dalam hidup bermasyarakat. Bagaimana kita dapat menempatkan diri dalam masyarakat ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut.

  1. Keluarga

Faktor pertama dan utama yang memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek perkembangan anak termasuk sosial anak yaitu faktor keluarga. Keluarga merupakan tempat yang kondusif untuk anak belajar bersosialisasi.

Dalam setiap keluarga pasti ada norma-norma kehidupan keluarga, dan dengan demikian pada dasarnya keluarga merekayasa perilaku kehidupan budaya anak.

Jadi intinya proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian anak terbentuk oleh keluarga. Pergaulan anak dan bagaimana norma dalam menempatkan diri dari lingkungan yang lebih luas ditetapkan oleh faktor keluarga.

  1. Kematangan Anak

Dalam bersosialisasi di lingkungan anak membutuhkan kematangan fisik dan psikisnya. Kematangan intelektual dan emosional sangat diperlukan agar anak mampu mempertimbangkan dalam proses sosial, memberi dan menerima pendapat orang lain.

Selain itu kemampuan berbahasa sangat menentukan anak dalam besosialisasi. Kita tarik kesimpulan bawasannya dengan matangnya fisik dan psikis, sosialisasi anak dapat berkembang dengan baik.

  1. Status Sosial Ekonomi

Kehidupan sosial banyak dipengarungi oleh status sosial keluarga dalamĀ  lingkungan bermasyarakat. Masyarakat tidak melihat anak dalam koteks yang utuh dari jati diri anak tersebut akan tetapi yang dilihat adalah anak siapa, hidup dilingkungan keluarga yang bagaimana, bagaimana dengan perekonomian keluarganya, dsb.

Secara tidak langsung dalam pergaulan sosial anak, masyarakat dan kelompoknya memperhitungkan norma yang berlaku di dalam keluarganya. Hal tersebut berakibat pada anak sehingga menempatkan dirinya dalam pergaulan sosial yang tidak tepat.

Efek yang paling menyedihkan yaitu anak akan menutup diri dari kelompoknya, dilain sisi anak yang memiliki status sosial ekonomi yang lebih baik akan membentuk kelompok elit dengan normanya sendiri.

  1. Pedidikan

Salah satu proses sosialisasi yang terarah sesuai dengan norma yang berlaku yaitu faktor pendidikan. Hakikat pendidikan sebagai proses pengoperasian ilmu yang akan memberikan warna kehidupan sosial anak di dalam masyarakat dan kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Pendidikan dalam arti luas harus diartikan bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh kehidupan keluarga, masyarakat, dan kelembagaan. Penanaman norma perilaku dilakukan secara sengaja diberikan kepada peserta didik yang belajar di sekolah. Etik pergaulan membentuk perilaku kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

  1. Kapasitas Mental, Emosi, dan Integensi

Kemampuan anak dalam berfikir dipengaruhi oleh berbagai hal contohnya seperti kemampuan dalam memecahkan masalah, kemampuan belajar, dan kemampuan berbahasa. Anak yang memiliki intelektual yang tinggi pasti mempunyai kemampuan dalam berbahasa yang baik.

Pengendalian emosional secara seimbang sangat menentukan keberhasilan dalam perkembangan sosial anak. Keberhasilan dalam bersosialisasi ditentukan oleh sikap saling pengertian dan kemampuan memahami orang lain, hal ini akan dengan mudah dilakukan bagi anak yang memiliki intelektual tinggi. [ ]

Sumber: raehniken.blogspot.com

4

Red: admin

Editor:iman

830

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini