Hukum Memajang Foto Wisuda, Benarkah Haram?

0
327
Setiap orang mempunya kenangan khususnya keluarga yang biasanya diabadikan dengan foto . ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Assalamu’alaykum. Pak Aam, mohon maaf mau bertanya terkait dengan memasang foto di rumah yang katanya haram. Padahal yang kami pajang hanya foto wisuda anak-anak. Benarkah tetap tidak boleh atau haram? Mohon penjelasannya dan terima kasih. ( Hanum via fb ) 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah.  Pada hakikatnya, setiap orang memiliki kecenderungan suka dengan keindahan. Nah, keindahan itu macam-macam bentuknya, ada keindahan linguistik (bahasa-bahasa yang indah) dan keindahan visual (gambar-gambar dan bentuk-bentuk yang indah).

Oleh sebab itu, nilai keindahan atau nilai estetika ini tidak perlu dibunuh, tapi diarahkan pada kebaikan. Jadi, kalau kita berseni musik atau gambar termasuk foto untuk tujuan kebaikan, tidak ada masalah.

Memang ada hadits bahwa Rasulullah melarang umatnya membuat atau memajang gambar, patung dan sejenis makhluk hidup lainnya.

Kenapa Rasulullah berbicara begitu keras mengenai gambar, musik, dan patung pada zaman dahulu? Karena orang-orang musyrik pada zaman itu sangat mengagungkan patung yang menyebabkan rusaknya akhlak dan akidah mereka.

Sekarang, jika Anda mempunyai gambar atau patung makhluk yang bernyawa di rumah Anda, menurut hebat saya itu tidak menjadi masalah. Karena, yang dimaksud patung yang dilarang oleh Rasulullah adalah patung yang biasa diagungkan atau disembah oleh agama-agama lain. Patung-patung itu dijadikan berhala dan sesembahan.

Kalau sekadar memajang foto wisuda atau yang lainnya, tentu bukan menjadi masalah karena foto tadi hanya untuk mengenang saja momen-momen yang pernah Anda lalui bersama keluarga dan orang-orang yang Anda kasihi, bukan untuk disimpan kemudian disembah atau diibadahi.

Tanpa mengurangi hormat saya kepada teman atau sahabat yang berbeda pendapat yang tetap mengharamkan foto. Jadi kalau foto-foto tersebut hanya sekedar panjangan atau pengingat kenangan keluarga tentu tidak masalah. Toh, kita juga menyimpang foto di dompet yakni foto ktp atau sim.

Yang dilarang tentu menjadikan foto-foto tersebut sebagai media untuk berhala atau diibadahi. Jangan juga foto-foto tersebut menjadikan Anda sombong, misalnya sombong karena anak-anaknya telah menjadi sarjana semua. Ini tentu tidak boleh.

Selama sekedar menjadi pengingat saja, tentu memajang foto wisuda atau foto kenangan lainnya tidak masalah. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bishshawab. [ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA:081281818177 atau  email:  [email protected]  atau in box melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: citra

Editor: iman

806

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini