Apakah Bersin Membatalkan Wudhu? Begini Penjelasannya

0
211
Berwudhu dengan sempurna merupakan salah satu kesempurnaan shalat ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID— Assalamu’alaykum. Pak Aam,sekiranya kita sedang berwudhu lalu bersin apakah kita boleh membaca hamdallah? Atau apakah berbicara dapat membatalkan wudhu? Mohon penjelasannya. ( Nuy via fb )

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Ada beberapa hal yang dapat membatalkan wudhu namun ada juga yang tidak membatalkan wudhu. Lalu apakah berbica saat wudhu menjadi batal?

Dalam suatu riwayat hadits shahih Rasulullah memerintahkan kepada kita untuk mengucapkan hamdallah ketika bersin.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ اَلنَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ: – إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ: اَلْحَمْدُ لِلَّهِ, وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ يَرْحَمُكَ اَللَّهُ, فَإِذَا قَالَ لَهُ: يَرْحَمُكَ اَللَّهُ, فَلْيَقُلْ: يَهْدِيكُمُ اَللَّهُ, وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ – أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang di antara kalian bersin, maka ucapkanlah ALHAMDULILLAH (segala puji bagi Allah). Hendaklah saudaranya mengucapkan YARHAMUKALLAH (semoga Allah merahmatimu). Jika ia mengucapkan YARHAMUKALLAH, ucapkanlah YAHDIKUMULLAH WA YUSHLIH BAALAKUM (semoga Allah memberikan petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).” (HR. Bukhari)

Nah, kalau Anda sedang berwudhu lalu bersin boleh saja mengucapkan hamdallah, toh itu bagian dari dzikir. Bakhkan orang yang sedang wuhdu itu boleh bicara jika diperlukan.

Misalnya Anda sedang berwudhu, lalu suami Anda memanggil untuk bertanya dimana letak benda yang ia cari, tentu saja Anda boleh menjawabnya sambil berwudhu.

Apalagi jika Anda sedang berwudhu kemudian bersin dan mengucapkan ‘Alhamdulillah’ tentu saja boleh dan tidak apa-apa, tidak juga dilarang.

Nabi pernah berwudhu lalu seoang sahabat jongkok, hendak membantu membuka sepatu Nabi. Lalu Nabi berkata, “Biarkan, tidak perlu dibuka. Karena ketika aku pakai, kaki ku dalam keadaan bersih.”. Artinya sekali pun beliau sedang berwudhu tidak menghalangi beliau untuk berbicara.

Jadi kesimpulannya ketika Anda wudhu boleh saja berbicara. Bicara itu tidak membatalkan wudhu, selama ada hal yang perlu Anda bicarakan. Namun bukan berarti Anda boleh berbicara sambil ngobrol atau bahkan sambil membicarakan orang.

Tentu saja haram hukumnya jika Anda sambil wudhu ngobrol kesana dan kesini. Namun jika Anda bersin saat sedang berwudhu lalu mengucapkan hamdallah, maka tentu saja diperbolehkan.

Bahkan ketika Anda berwudhu dan menjawab pertanyaan pun boleh saja, yang perlu digaris bawahi bicara ini harus ada faedahnya. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: citra

Editor: iman

830

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini