Manfaat Wudhu, Benarkah Dapat Mencegah Virus Corona?

0
176
Secara langsung wudhu tidak dapat menngobati virus corona, namun wudhu dapat mencegah kuman dan dapat membersihkan diri dari kotoran dan najis. (Foto: pixabay)
Secara langsung wudhu tidak dapat menngobati virus corona, namun wudhu dapat mencegah kuman dan dapat membersihkan diri dari kotoran dan najis. (Foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID— Mewabahnya virus corona atau kini lebih dikenal dengan nama Covid-19 hingga kini masih meresahkan warga dunia. Di antara kekhawatiran ini pun, muncul kabar simpang siur atau hoaks terkait wabah virus corona.

Salah satu diantaranya ialah air wudhu dapat mencegah virus corona. Kementerian Komunikasi dan Informasi membantah kabar wudhu dapat mencegah penularan Virus Corona. Dr. Dirga Sakti Rambe, SpPD, dari OMNI Hospitals Pulomas menegaskan informasi tersebut keliru.

Menurutnya virus corona sejauh ini dibunuh dengan menggunakan desinfektan. Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa virus corona bisa mati dengan air biasa.

Dalam islam kebersihan merupakan sebagian dari iman. Artinya islam mengajarkan kita untuk selalu bersuci dan menjaga kebersihan. Oleh karena itu, kita senantiasa diwajibkan berwudhu sebelum melaksanakan shalat.

Begitu pun Rasul mengajarkan kita untuk selalu berwudhu dan menjaga kesucian diri. Sebenarnya apa manfaat air wudhu yang?

Dilansir dari Okezone, menanggapi hal tersebut, Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustadz Fauzan Amin mengatakan, fungsi dan manfaat wudhu sendiri adalah membersihkan kotoran atau hadast.

Namun disamping itu, kata Fauzan, walaupun secara eksplisit belum ada dalil yang menjelaskan secara langsung bahwa wudhu dapat mencegah penyakit, tapi sebenarnya wudhu baik untuk kesehatan.

“Tapi secara subtantif bahwa banyak dokter ahli kesehatan berpendapat bahwa di antara faedah whudhu adalah untuk kesehatan. Contoh kasus, faktor utama penyakit adalah kotoran sebagai sumber bakteri,” jelasnya.

Allah menganjurkan agar kita suci dari najis, yaitu dengan cara rajin bersuci. Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 222:

…إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“….Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri

Sementara itu, beberapa pencegahan medis virus corona ialah dengan senantiasa menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan, memakai masker ketika sakit, serta menerapkan etika bersin dan batuk yang benar. Sejatinya virus corona menyebar melalui kontak langsung maupun tidak langsung.

Berwudhu memang tidak secara langsung mencegah atau bahkan mengobati virus corona. Namun dengan berwudhu dan menjaga wudhu, InsyaAllah kita senantiasa terhindar dari kotoran atau virus yang dapat menyebabkan tubuh kita lemah.

Sumber: okezone.com

3
Red: Citra
Editor: Admin
922

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini