Cara Mempercepat Ketemu Jodoh, Ini Yang Harus Diusahakan

0
635
Jodoh itu salah satu rahasia Allah ( foto: pixabay)
Jodoh itu salah satu rahasia Allah ( foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – Assalamu’alaykum. Pak Aam, mengapa ada orang yang cepat dapat jodohnya, tapi ada juga orang yang susah dapat jodohnya atau lama?. Ada juga orang yang tidak punya jodoh selama hidupnya. Apakah itu ada kaitannya dengan keshalehan kita? Apa saja amalan agar mudah ketemu jodoh? Mohon nasihatnya ( Vel via fb )

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Jadi memang betul ada orang yang cepat dapat jodohnya, padahal penampilannya biasa-biasa aja. Sementara ada orang yang penampilannya istimewa, tapi lama mendapatkan jodohnya.

iklan

Sama halnya dengan berjualan di toko. Ada toko yang padahal biasa saja tapi banyak orang yang masuk dan membeli. Ada juga yang penampilan tokonya keren, tapi orang yang masuk hanya sekedar melihat-lihat, tapi tidak membeli. Apakah itu ada kaitannya dengan keshalihan? Sebenarnya tidak ada kaitannya dengan keshalihan, ini kaitannya dengan rezeki yang Allah berikan.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap orang itu mempunyai rezeki yang berbeda-beda. Dalam QS.Al- Isra ayat 30 Allah berfirman:

 

إِنَّ رَبَّكَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ ۚ إِنَّهُ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيرًا بَصِيرًا

 

Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.”

Untuk itu tugas kita itu adalah ikhtiar atau berusaha. Sama halnya dengan berjualan misalnya ada orang lain berjualan dengan harga 10 ribu, Anda menjual dengan harga 20 ribu. Meskipun terlihat menarik, orang juga akan berpikir ulang untuk membeli di toko Anda.

Jadi ternyata harus ada trik, upaya atau ilmu dalam berjualan. Sama halnya dengan jodoh. Jodoh itu bukan ditunggu, tapi dijemput. Jadi kalau Anda di rumah terus, tidak pernah bergaul, maka akan susah  jodoh menemukan Anda. Datangilah majelis ilmu, reuni atau silaturahmi datangilah karena itu juga termasuk ikhitar.

Sebenarnya yang penting kita ini ikhtiar. Adapun dalam jalannya ada yang diberikan kemudahan ada pula yang diberikannya lama. Maka, memintalah atau berdoalah kepada Allah untuk diberikan jodoh yang terbaik untuk kita. Jadi yang paling baik itu jodoh yang terbaik untuk hidup kita, bukan sekedar jodoh atau punya suami istri.

Sebab, dalam kenyataannya ada orang yang mempunyai suami atu istri tetapi dalam rumah tangganya tidak ada ketenangan. Setiap hari selalu ada masalah dan keributan, ibaratnya “rumah tangga bagai nereka”. Ini menggambarkan betapa buruknya dan sengsaranya mereka. Padahal seharusnya rumah tangga itu bagai surga. Jadi ini bukan jodoh terbaik menurut saya.

Namun ada juga orang yang belum ketemu atau belum dapat jodoh tetapi hidupnya enjoy, bahagia, santai dan ibadahnya semakin giat, ketakwaannya semakin meningkat dan hidup positif lainnya. Ia tidak mempermasalahkan ada pasangan hidup atau jodoh atau tidak, tetapi seluruh aktivitas hidupnya ia maksimalkan untuk beribadah dan bertakwa kepada Allah.

Allah sudah menyediakan jodohnya masing-masing, tetapi bukan berarti tanpa ada usaha atau ikhtiar. Jodoh itu bukan hadiah dari langit yang datang begitu saja menjemput atau menghampiri kita. Untuk itu perlu ada ikhtiar, baik diri sendiri atau kadang dicarikan oleh orang lain.

Jadi bagi pada muda-mudi yang belum diberikan jodoh, Anda harus berpikir positif. Allah belum memberikan jodoh yang terbaik bagi Anda. Bagi orang tua juga sebaiknya jangan banyak bertanya atau menuntut anak untuk segera menikah.

Anak kita juga kalau sudah cukup umur pasti dia ingin mencari jodoh. Namun kan mencari jodoh itu tidak semudah membeli sepatu. Beda cerita kalau  Anda susah memiliki calon.

Yuk kita menjaga diri dan menjaga lisan. Urusan sensitif itu tidak perlu dibahas di ranah umum. Jangan suka menanyakan “mana calonnya?” apalagi dalam acara keluarga karena bisa jadi hal itu menyakiti hati. Lebih baik kita doakan saja dalam diam.

Jadi sekali lagi, nasihat saya tetaplah optimis dan berbaik sangka kepada Allah. Allah telah menyediakan atau memberikan jodohnya hanya waktu dan sosoknya itu rahasia Allah. Tetaplah ikhtiar dan doa bahwa suatu saat nanti jodoh itu akan datang untuk Anda.

Sekiranya di dunia Allah belum memberikan jodoh atau pasangan maka yakinkan bahwa kehidupan diakhirat nanti akan ada kebahagian yang hakiki. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: citra

Editor: iman

907