Daftar Haji Khusus, Benarkah Bisa Langsung Berangkat?

0
408
Pemerintah sudah menetapkan biaya haji 2020.(foto: pixabay)
Setiap kebijakan harusnya menguntungkan semua pihak termasuk calon jamaah haji atau umrah.(foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – Assalamu’alaykum. Pa Aam saya datang ke suatu travel. Dia menawarkan haji plus tahun ini bisa langsung berangkat tidak perlu menunggu. Sementara itu saya membaca di koran tentang haji khusus itu paling cepat nunggunya 5 tahun, tapi travel ini memberikan jaminan tahun ini langsung pergi. Menurut pak Aam itu travel bener apa tidak? Mohon penjelasannya. ( Ella via fb )

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Memang yang paling aman kalau berhaji itu yang normal. Anda bisa mengikuti haji khusus dengan menunggu 6-5 tahun, itu jelas antriannya dan nomor kuotanya.

iklan

Biasanya jika Anda akan berhaji khusus, Anda datang ke travel dan akan diharuskan membayar sejumlah uang untuk mendapatkan nomor porsi. Setelah menunggu 5 tahun, kemudian di tahun keberangkatan Anda akan diminta untuk melunasi sisanya.

Itu normalnya dan amannya seperti itu. Itu faedah haji khusus yang sesuai dengan koridor peraturan pemerintah.

Sementara haji regular tentu saja daftarnya bukan ke travel, melainkan ke kementrian agama dengan cara anda membuka tabungan haji. Cukup dengan 25 Juta, Anda sudah bisa mendapatkan nomor kuota dan nomor porsi. Menunggunya untuk kota Bandung itu 16 tahun, Bekasi sekitar 20 tahun dan beberapa daerah lain bisa lebih lama atau malah lebih cepat.

Jadi kalau haji reguler itu waktu menunggunya setiap kota bebeda-beda dan harus sesuai dengan domisili KTP. Berbeda dengan haji khusus misalnya Anda berada di Samarinda atau di luar pulau jawa, Anda bisa daftar dengan travel di Bandung. Haji khusus itu aman dengan catatan Anda mendapatkan nomor kuota dan porsi dari travel tersebut.

Nah, sekarang ada yang menjanjikan Anda sekarang daftar dan langsung pergi di tahun yang sama. Namun, ada tambahan visa sekitar 7.000-10.000 USD. Kalau ini di luar program pemerintah. Ini namanya haji Furoda, makanya kalau ada apa-apa pemerintah tidak bertanggung jawab.

Jadi ini sangat beresiko karena kalau misalnya visa Anda ditolak ya Anda akan batal pergi. Jadi kalau Anda bertanya ada haji yang seperti itu, ya tentu saja ada, tapi sangat beresiko.

Menurut saya lebih baik yang normal-normal saja, kalau nunggu 5 tahun ya 5 tahun. Kalau pun umur kita tidak sampai Allah akan catat ibadah haji kita. Mending ikut saja haji khusus atau reguler yang sesuai dengan program pemerintah.

Itu jawaban saya untuk Anda. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

5

Red: citra

Editor: admin

960