Agar Doa Cepat Dikabulkan: Banyak Mengingat Allah saat Susah dan Senang

0
129
Agar Doa Cepat Dikabulkan: Banyak Mengingat Allah saat Susah dan Senang (Foto: Pixabay)
Agar Doa Cepat Dikabulkan: Banyak Mengingat Allah saat Susah dan Senang (Foto: Pixabay)

PERCIKANIMAN.ID— Setiap manusia pasti memiliki keinginan yang ingin dicapai. Tentu saja sebagai seorang muslim, kita memercayai bahwa segala sesuatu adalah kehendak Allah SWT. Selain ikthiar atau berusaha semaksimal mungkin, kita juga harus memperbanyak doa kita kepada Allah. Tentu saja, jika kita menginginkan dunia, maka kita dekatkan diri kepada yang memilikinya. Namun, terkadang kita sebagai manusia sering kali datang kepada Allah ketika susah dan sedih. Saat senang, berapa banyak manusia yang lupa kepada Allah? Doa kita pun tak serta merta Allah kabulkan, ada yang Ia tahan, ada pula yang Ia tanggalkan.Lalu bagaimana agar doa kita lebih cepat dikabulkan?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَسْتَجِيبَ اللَّهُ لَهُ عِنْدَ الشَّدَائِدِ وَالكَرْبِ فَلْيُكْثِرِ الدُّعَاءَ فِي الرَّخَاءِ

“Barangsiapa yang suka Allah mengabulkan doanya ketika susah dan menderita, maka hendaknya ia memperbanyak doa ketika lapang.” (HR. Tirmidzi, Shahihul Jami’ no. 6290)

Syaikh Ali Al-Qari menjelaskan bahwa hadis ini menujukkan “ciri khas” seorang mukmin, beliau berkata,

“Di antara ciri khas serorang mukimin yaitu sering bersyukur dan ‘memperhatikan panah sebelum melepaskannya’, kembali kepada (mengingat) Allah sebelum padanya tertimpa kesulitan.” (Mirqatul Mafatih 4/1531)

Sebagai muslim kita tidak seharusnya menjadikan Allah sebagai pilihan terakhir ketika gembira, namun menjadi pilihan utama ketika bersedih dan susah. Apabila kita membuat permisalan, tentu kita tidak suka apabila keluarga atau saudara kita hanya datang ke kita pada saat susah saja atau pada saat butuh bantuan saja, selama ini dia tidak tahu ke mana rimbanya dan tidak pernah mau menyambung silaturahmi.

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Kenalilah (ingatlah) Allah di waktu senang pasti Allah akan mengingatmu di waktu sempit.” (HR. Tirmidzi)

Perhatikan bagaimana Allah menolong Nabi Yunus alaihissalam dalam berbagai kesusahan di dalam perut ikan, dalam kegelapan dan Di tengah ganasnya lautan. Allah menolong nabi Yunus alaihissalam karena beliau sering mengingat Allah di waktu lapang.

Jadi ketika kita ingin Allah mendengar doa-doa kita, hendaknya di waktu senang dan lapang kita sering salat malam meminta dan mencari rida Allah. Banyak bersedekah walaupun sedikit. Sering membaca Alquran dan menunaikan hak Allah pada zakat. Tidak lupa beristigfar dan zikir di mana saja dan kapan saja.

Tidak ada usaha yang sia-sia, sama halnya dengan doa. Tak aka nada doa yang sia-sia. Jika pun Allah belum mengabulkannya di dunia, Allah akan berikan di akhirat. Wallahu’alam..

sumber: muslim.or.id

3
Red: Citra
Editor: Admin
922

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini