Menghentikan Doa Demi Panggilan Orangtua, Bolehkah atau Tidak?

0
166
Agar Doa Cepat Dikabulkan: Banyak Mengingat Allah saat Susah dan Senang (Foto: Pixabay)
Agar Doa Cepat Dikabulkan: Banyak Mengingat Allah saat Susah dan Senang (Foto: Pixabay)

PERCIKANIMAN.ID--Assalamu’alaykum. Pa Aam, suatu pagi ketika selesai shalat, saya berdoa. Saat berdoa ibu saya memanggil, apa yang harus saya lakukan. Apakah saya meneruskan berdoa atau memenuhi panggilan ibu saya terlebih dahulu lalu meneruskan berdoa? Mohon nasihat dan penjelesannya. (Merlin via fb)

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Secara prinsip Anda lebih utama memenuhi panggilan ibu.

Dalam sebuah ayat Al Quran Allah Ta’ala berfirman:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’” (Al-Israa’ : 23-24).

Nah ketika membahas ayat ini, dibahas tentang pertanyaan Anda. Bagaimana kalau seorang anak sedang berdoa tiba-tiba ibunya memanggil. Lalu yang afdol ialah dia menghentikan doanya dan dia memenuhi panggilan orang tuanya. I

ni berkata pada ayat di atas yang menyetbutkan bahwa, “janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah. Ini penting bagi kita bahwa kita tidak boleh menolak, kecuali ajakan orang tua kita salah. Seperti yang dijelaskan dalam surat Lukman ayat 15:

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَىٰ أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖ وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖ وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ۚ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan” (QS.Lukman: 15)

Selama orang tua kita memanggil untuk kebaikan dan tidak mengandung unsur dosa, maka jangan kamu menolaknya. Dan jangan pula membentak dengan berkata kasar. Jadi Anda harus membatalkan doa Anda dan memenuhi panggilan ibu. Kita boleh membantah orang tua kalau panggilan atau ajakan dia salah. Walaupun begitu kita harus perlakukan orang tua kita secara santun.

Ketika orang tua kita salah maka kita tidak boleh taat, tapi kita harus tetap memperlakukan orang tua kita dengan baik. Sedang berdoa saja kita harus menghentikan doa kita, apalagi kita sekedar melakukan hal yang tidak terlalu penting. Dan tentu saja bakti kita kepada orang tua ialah menjaga lisan supaya tidak melukai hatinya.

Makanya cara bakti kita kepada orang tua yang masih hidup itu ialah pertama mendoakannya. Doakan agar orang tua sehat, umurnya berkah. Kedua, jaga lisan kita. Jangan sampai kita melukai hati kedua orang tua kita. Ketiga, kita mengalah kepada orang tua kita untuk hal-hal yang tidak prinsipil. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: citra

Editor: iman

828

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini