Tips Menanamkan Anak Menjaga Kebersihan Sejak Dini

0
274
Tips Menanamkan Anak Menjaga Kebersihan Sejak Dini (sumber:pixabay.com)
Tips Menanamkan Anak Menjaga Kebersihan Sejak Dini (sumber:pixabay.com)

PERCIKANIMAN.ID—Dalam suatu hadits shahih riwayat Bukhari Rasulullah bersabda bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

Sebagai umat muslim sudah sepantasnya kita menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan bisa dimulai dari diri sendiri hingga lingkungan. Islam merupakan agama yang sempurna yang juga mengatur soal kebersihan. Bahkan ketika seorang muslim hendak melaksanakan shalat pun diwajibkan untuknya berwudlu. Wudhu adalah bagian dari mensucikan diri dari najis dan kotoran yang ada pada tubuh kita. Kebersihan harus lah menjadi kebiasaan yang mandarah daging pada diri kita. Oleh karenanya penting untuk menanamkan perilaku bersih kepada si kecil sejak dini. Simak tips menanamkan anak untuk menjaga kebersihan diri sejak dini.

iklan
1.     Membiasakan diri anak agar membuang sampah pada tempatnya

Selain menbiasakan anak untuk menjaga kebersihan diri, penting juga untuk mengajarkan anak untuk mengaja kebersihan sekitarnya. Sampah menjadi momok yang memberi dampak buruk bagi kehidupan manusia apabila keliru dalam pengelolaannya. Oleh sebab itu sudah sepatutnya orangtua mengajarkan anak tentang bagaimana seharusnya anak memperlakukan sampah.

Ajarkan anak bahwa sampah memiliki tempat pembuangannya sendiri. Jangan lupa sediakan tempat sampah kering dan basah di rumah agar anak bisa leluasa membuang sampah sesuai kriterianya.

2.     Meletakkan pakaian kotor ke tempat yang sudah disediakan

Ajak anak membiasakan diri untuk tidak lupa meletakkan pakaian kotor pada tempatnya. Terkadang jika orangtua memiliki pembantu rumah tangga di rumah, anak mendapat perlakukan khusus di mana bebas meletakkan pakaian di mana saja usai bermain atau pulang sekolah.

Hati-hati, sikap ini sangat keliru dan bisa menjadi kebiasaan buruk bagi anak hingga ia dewasa. Lebih baik ajarkan anak agar bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

3.     Ajarkan anak mandi dengan bersih

Saat anak sudah masuk usia sekolah, jangan lupa untuk mengajarkan anak berlatih mandiri. Salah satunya dengan mengajarkan anak mandi dengan bersih.

Ajarkan anak agar mampu membersihkan tubuhnya saat mandi. Dengan demikian anak pun terbiasa dan peduli terhadap kebersihan dirinya. Katakan pada anak jika tubuh tidak bersih akan mudah terserang penyakit, baik itu penyakit kulit atau jenis penyakit lainnya.

4. Jangan bosan ingatkan anak gosok gigi

Menjaga kesehatan gigi juga perlu orangtua ajarkan pada anak. Dengan rajin sikat gigi, kesehatan dan kebersihan mulut anak tetap terjaga. Kadang jika anak lupa atau malas sikat gigi, maka orangtua jangan bosan untuk mengingatkan anak membersihkan giginya. Jangan sampai anak menjadi alpa dalam menggosok gigi hingga terbawa sampai dewasa.

5. Beritahu anak agar cuci kaki dan tangan sebelum tidur

Hal ini penting untuk dilakukan anak sejak dini. Sebab sebelum tidur, anak tentu melakukan berbagai aktivitas seperti bermain. Oleh karena itu, cuci kaki dan tangan sebelum tidur harus menjadi kebiasaan anak sejak kecil. Dengan demikian anak bisa tidur dengan nyaman dan dalam keadaan bersih dari segala macam kuman.

Demikianlah 5 hal yang perlu orangtua ajarkan agar anak peduli terhadap kebersihan dirinya. Ingatlah, jika anak diajarkan hal yang baik maka akan menjadi kebiasaan positif yang akan terus ia lakukan hingga dewasa.

Sumber: idntimes.com