Membaca Doa Tambahan Setelah Tasyahud Akhir Boleh atau Tidak?

0
352
Shalat adalah bagian dari doa-doa ( foto: pixabay )
Shalat adalah bagian dari doa-doa ( foto: pixabay )

Assalamu’alaykum. Pa Aam sebetulnya kita boleh tidak ketika shalat di akhir sebelum salam membaca doa yang artinya semoga kita dihindari dari siksa neraka Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah hidup dan mati’ jadinya bacaan itu ada tambahan setelah tasyahud akhir?. Mohon penjelasannya ( Dina via fb )

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Ya memang betul, tambahan itu kan memang diajarkan oleh Rasul. Selama tambahan itu diajarkan oleh Rasul ya tidak apa-apa. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

قيل يا رسول الله صلى الله عليه وسلم أي الدعاء أسمع قال جوف الليل الآخر ودبر الصلوات المكتوبات

Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: “Diakhir malam dan diakhir shalat wajib” (HR. Tirmidzi)

Nah, ada sejumlah doa yang diajarkan oleh Rasul setiap akhir shalat yang lima waktu . Akhir shalat yang lima waktu itu maknanya, pertama setelah takhiyat sebelum salam. Nah itu yang diajarkan oleh Rasul, jadi setelah kita membaca innaka hammi dum majjid kita boleh membaca:

اللَّهُمَّ إِني أعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمنْ عَذَابِ القَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيا والمَماتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَة المَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allahumma inni a’uudzu bika min ‘adzaabi jahannama wa min ‘adzaabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamaati wa min syarri fitnatil masiihid dajjaal(i)

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari azab Neraka Jahannam, azab kubur, fitnah kehidupan dan sesudah mati, dan dari jahatnya fitnah al-Masih Dajjal”

Atau

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.”

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia.”

Itu haditsnya setau saya ada lebih dari 12 doa yang mirip-mirip. Jadi dalilnya banyak. Nah, bagi Anda yang memiliki buku yang saya tulis terkait tata cara shalat judulnya “Sudah Benarkah Shalatku?” itu buku mengevaluasi apakah shalat kita ini sudah benar atau belum.

Coba baca buku itu, di situ ada kajian dalil-dalil yang menunjukan bahwa sebelum salam kita boleh membaca doa-doa yang Anda tanyakan.

Yang jelas itu dicontohkan oleh Rasul dan tidak disebut menambahkan bacaan shalat, karena yang dikatakan menambahi itu kalau nabi tidak mengajarkannya atau member contoh. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. []

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: citra

Editor: iman

905

buku shalat wudhu

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini