Bolehkah Umroh Berkali Kali Dalam Satu Perjalanan? Begini Penjelasannya

0
837
Keutamaan haji dan umrah (foto:pixabay)
Keutamaan haji dan umrah (foto:pixabay)

Assalamu’alaykum. Pak Aam, mohon maaf mau bertanya. Kalau setelah kita melaksanakan ibadah umrah, sesesai kita tahalul, apakah hari berikutnya kita bisa melakukan ibadah umrah lagi? Mohon penjelasannya. ( Sarah via fb )

 

iklan

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Begini, lihat saja apakah Rasulullah melakukan itu? Apa Rasulullah setelah tahalul lalu umrah lagi dan lagi?

 

Tak ada satu dalil atau riwayat pun yang menunjukan bahwa Rasulullah itu umrah berulang-ulang. Yang saya tahu dan pahami bahwa Rasulullah umrah berulang itu pulang terlebih dahulu. Misalnya beliau umrah lalu pulang ke Madinah, lalu umrah lagi datang ke Mekkah umrah lagi. Itu yang dilakukan oleh Rasul.

 

Jadi mohon maaf tanpa megurangi rasa hormat saya, tidak ada sebenarnya setelah umrah sekali besoknya umrah lagi dan lagi. Meski pun beberapa orang mengacu pada riwayat berikut,

 

ى العمرةِكفَّارَةٌلمَابينَهمَا ، والحجُّالمبرورُليسَلهُجزاءٌإلاالجنَّةُ

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihiWasallam bersabda, “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Iya memang benar ada hadits tersebut, tapi hadits itu harus dijelaskan dengan perilaku Rasulullah. Maksudnya antara satu umrah ke umrah berikutnya itu harus sesuai dengan bagaimana Nabi mencontohkannya.

Beliau pulan dulu, bukan langsung setelah umrah ke hotel besoknya mengambil lagi miqat. Bukan begitu, Rasulullah tidak melakukan hal tersebut.

Jadi yang dimaksud dari satu umrah ke umrah berikutnya itu, kita harus pulang terlebih dahulu, tapi tidak berarti pulang ke hotel. Lalu apa yang dilakukan setelah umrah? Perbanyak tawaf sunnah, ini yang disunnakan oleh Rasul.

Dalam suatu riwayat Rasulullah Saw bersabda, “lakukan ibadah haji dan umrahmu seperti yang aku lakukan”.

Bagaimana contoh Rasulullah? Beliau melakukan umrah sekali datang hanya sekali. Yang dicontohkan Nabi ialah melakukan tawaf sunnah, sebelum masuk masjid, karena kata Nabi setiap langkah yang diayunkan ialah pelebur dosa dan setiap kali kita sedang tawaf itulah tempat yang paling bagus untuk berdoa.

Jadi kalau Anda ingin umroh lagi maka pulang terlebih dahulu. Maksudnya pulang ke rumah atau ke tanah air, bukan sekedar pulang ke hotel tempat menginap. Anda silakan menabung lagi bulan atau tahun berikutnya silakan pergi umroh lagi.  Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: citra

Editor: iman

930

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .