Uang Pensiun Yang Depositokan, Apakah Wajib Zakat?

0
215

 

Assalamu’alaykum. Pa Aam, saya seorang karyawati swasta, rencana saya akan mendapat pensiun dalam bentuk deposito, bagaimana membayar zakatnya? Mohon penjelasannya . Terima kasih ( Sari via fb )

 

 

 

Wa’alaykumsalamww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Sebagaimana kita ketahui dan pahami bahwa zakat adalah salah satu bagian dari syariat dalam Islam bahkan salah satu pilar dalam rukun Islam. Hal ini sebagaimana yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah hadits:

 

 

 

بُنِيَ الإِسْلامُ على خَمْسٍ: شَهادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلاَّ اللهُ، وأنَّ مُحَمَّداً رَسُولُ اللهِ، وَإقَامِ الصَّلاةِ، وَإيْتَاءِ الزَّكاةِ، وَالحَجِّ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ (متفق عليه)

 

 

Islam dibangun di atas lima hal: kesaksian sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, melaksanakan shalat, membayar zakat, haji, dan puasa Ramadhan.” (HR Bukhari Muslim)

 

 

Jadi dapat kita pahami kedudukan atau posisi zakat adalah bagian mendasar dari pelaksanaan rukun Islam. Kewajiban zakat ditetapkan oleh beberapa ayat Al-Qur’an, di antaranya adalah firman Allah:

 

 

(103). خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

 

Ambillah zakat dari harta mereka untuk membersihkan dan menyucikan mereka serta berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya, doamu itu membuat jiwa mereka tenteram. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah: 103)

 

 

Kemudian dalam ayat yang lain Allah berdirman:

 

 

(43). وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

 

 

“Laksanakan salat, tunaikan zakat, dan ruku‘-lah beserta orang yang ruku‘.” (QS. Al-Baqarah: 43)

 

 

Untuk itu menunaikan atau membayar zakat adalah bagian dari ketundukan dan ketaatan akan perintah Allah dalam beragama. Dalam pembahasan zakat sendiri sebagaimana yang kita pahami ada zakat fitrah dan zakat maal atau harta.

 

Menjawab pertanyaan Anda, bagaimana dengan zakat dari uang pensiun yang didepositokan?  Sebernanya uang pensiunan itu termasuk ke dalam kategori uang yang didapatkan secara tidak rutin. Maka ibu keluarkan infaknya.

 

 

 

Infak itu harta yang dikeluarkan tanpa ditentukan prosentasenya. Apa bedanya zakat dan infak? Kalau zakat dikeluarkan dari harta atau penghasilan rutin. Misalnya karyawati di suatu perusahaan dan digaji.

 

 

 

Nah, uang itu adalah penghasilan rutin, maka keluarkan zakar 2,5%. Itu namanya zakat pengasilan, karena uang yang diterimakan rutin setiap bulan.

 

 

Kalau pedagang ya berarti yang dikeluarkan zakat pedagangan, kalau petaninya zakat pertanian. Kalau Anda karyawati berarti Anda keluarkan zakat penghasilan.

 

 

Lalu misalnya Anda tiap bulan mendapat Rp.6 juta, tetapi saat hari raya Anda mendapat bonus, misalnya Rp.10 juta. Kan untuk bonus itu tidak rutin, maka untuk pendapatan yang tidak rutin itu, Anda cukup mengeluarkan infak.

 

 

Jadi setiap bulan Anda keluarkan zakat penghasilan, sementara untuk hal yang tidak rutin misalnya bonus itu keluarkan infak. Berapa besaran infak? Tidak ditentukan prosentasenya, kembalikepadadirikitamasing-masing.

 

 

Hal ini berlaku juga dengan misalnya ada orang yang menjual rumah lalu ia bertanya perlukah membayar zakat dari hasil penjualan rumah tersebut? Tidak ada zakat penjualan rumah, tapi kalau Anda ingin berterima kasih rumah sudah bisa terjual, maka Anda bisa berinfak.

 

 

Keluarkan berapa pun prosentasenya. Besaran infak itu tergantung diri sendiri, kembali kepada keimanan masing-masing. Nah, lain lagi kalau profesi Anda tukang jual-beli rumah. Maka keluarkan zakat dari keuntungan yang diperjual-belikan.

 

 

Jadi kalau Anda mendapatkan uang santunan atau pensiunan dalam bentuk deposito, maka cukup keluarkan infak saja. Meski infak atau sedekah sifat atau kedudukan tidak sama dengan zakat, namun yakinlah bahwa dalam menunaikan atau mengeluarkan infak adalah salah satu bentuk ketaatan dan ketakwaan kepada Allah. Dalam Al Quran  Allah berfirman,

 

 

(39). قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

 

 

“Katakan, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya.” Allah akan mengganti apa pun yang kamu infakkan. Allah-lah Pemberi Rezeki yang terbaik.”   ( QS. Saba’ : 39 )

 

Lalu Anda juga tidak perlu khawatir tentang keutamaan infak. Meski harta Anda belum atau tidak ada yang harus di zakatkan tetapi ada kewajiban atau perintah lain yakni menunaikan infak atau sedekah.  Dalam zakat ada keutamaannya maka dalam menunaikan infak pun ada keutamaannya. Seperti yang dijelaskan dalam Al Quran,

 

 

(261). مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

 

 

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai dan pada setiap tangkai terdapat seratus biji. Allah melipatgandakan pahala bagi orang yang dikehendaki-Nya dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui. “. (QS. Al-Baqarah: 261)

 

 

Dari keutamaan infak yang ditawarkan Allah ini hendaknya juga menjadi penyemangat kita semua untuk menunaikannya. Mungkin zakat harta belum sampai, tetapi bukan berarti tertutup untuk ibadah dengan harta atau maal kita yakni dengan infak. Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab

 

5

Red: citra

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

982

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ . 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : Instagram : @percikan_iman.id

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini