Sholat Sambil Baca Quran, Boleh Tidak ?

0
956
Keutamaan dan Mukzijat Al Quran. (Foto: Pixabay)

 

Assalamu’alaykum. Pa Aam, mohon pencerahannya mengenai murojaah atau mengulang hafalan surat yang dilakukan pada saat shalat. Dalam otak yang dilakukan adalah membayangkan tulisan yang ada dalam Al- Quran, apakah itu termasuk pelanggaran dalam kekhusyukan shalat? Terima kasih ( Zul via fb )

iklan

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Tidak ada masalah, kalau misalnya kita sedang shalat lalu murojaah—murojaah itu mengulang— sebenarnya yang paling sulit dalam menghafal Quran itu mengulang.

 

 

Menghafalkannya mudah saja, tapi kan ayat Al-Quran kalau tidak diulang suka lupa. Jangankan ayat Quran, bahkan ada seorang suami yang lupa nama istrinya karena tidak pernah diulang kata itu. Selama 20 tahun ia memanggilistrinya dengan sebutan “mama” atau “umi”.

 

 

 

Jadi saat ada yang  bertanya siapa namai strinya, ia lupa. Hal ini bisa saja terja dikarenakan selama 20 tahun suami tidak pernah memanggil nama istrinya, melainkan dengan sebutan ‘mama’ atau ‘umi’. Sama dengan ayat Quran, walaupun sekarang Anda hafal juz amma, itu harus selalu diulang atau namanya murajaah.

 

 

 

Nah pertanyaananda, bagaimana apabila sedang tajahud lalu murojaah sambil mengulang hafalan lalu terbayang tulisan ayatnya? Apakah menyalahi kekusyukan dalam shalat? Ya tentu kan tidak ada masalah.

 

 

 

Biasanya kalau kita menghafalkan sering kali sampai terbayang halaman sampai posisinya. Salah satu teknik menghafal Quran juga, kalau Anda ingin cepat menghafal lebih baik qurannya jangan bergonta-ganti sampai terekam di memori.

 

 

 

Sebab apabila Qurannya ganti-ganti, mungkin cetakannya berbeda, kurang dianjurkan bagi orang yang sedang menghafal quran. Jadi menghafal Al-Quran itu ada metodenya. Salah satu metodenya ialah menghafal dengan Quran yang sama dan tidak berganti-ganti sehingga tergambar.

 

 

 

Pertanyaan Anda itukan bagaimana kalau tergambar huruf-huruf Al-Quran itu? Tentu tidak apa-apa. Bahkan kalau Anda sedang shalat sunnah, shalat tahajud, lalu ada ayat yang lupa, Anda raih itu Quran dan Anda buka maka hukumnya boleh. Dengan catatan ketika shalat tahajud atau shalat sunnah.

 

 

 

Kalau shalat wajib itu tidak diperkenankan, cukup mengandalkan hafalan yang ada di memori kita. Jadi boleh membaca surat setelah Al-Fatihah itu bebas selama dari ayat Al-Quran.

 

 

 

Setelah membaca surah Al-Fatihah, disunnahkan membaca surah lainnya. Hal ini berdasarkan hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia mengatakan,

 

وإنْ لَمْ تَزِدْ علَى أُمِّ القُرْآنِ أجْزَأَتْ وإنْ زِدْتَ فَهو خَيْرٌ

 

Jika engkau tidak menambah selain surah Al-Fatihah, maka itu boleh. Ada pun jika engkau menambah lebih dari itu, maka itu lebih baik.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

 

Demikian yang bisa saya jelaskan mengenai pertanyaan Anda semoga bermanfaat. Nah, terkait dengan pembahasan shalat lebih detail, Anda dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul ” SUDAH BENARKAH SHALATKU? ” atau ” MELANGKAH KE SURGA DENGAN SHALAT SUNAT” . Wallahu’alam bishshawab

 

buku shalat wudhu

5

Red: citra

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

887

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : Instagram : @percikan_iman.id

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman