Ciri Istri Yang Durhaka, Perhatikan 4 Hal Ini

0
152

Assalamu’alaykum. Pak Aam, maaf mau bertanya tapi mohon nama saya jangan disebutkan. Pertanyaan saya, apa ciri-ciri istri yang durhaka pada suami itu? Apakah istri yang durhaka kalau bertaubat akan diampuni Allah? Mohon nasihat dan penjelasannya. ( S via fb )

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Setiap orang pastinya menginginkan atau mendambakan pasangan atau suami istri yang baik, berakhlak mulia, shalih shalihah.

 

 

 

 

Meski kadang dirinya tidak baik atau tidak shalih. Seorang penjahat, pastinya tidak mau punya suami atau istri yang jahat. Seorang pencuri, perampok, penjudi, pemabuk pasti dia tidak mau punya pasangan, suami atau istri yang “seprofesi” dengan dirinya. Pasti ingin punya suami istri yang baik.

 

 

 

Itulah maka dalam Islam sangat menganjurkan umatnya agar menentukan pilihan pendamping hidup secara selektif, dan jangan asal pilih. Dalam Islam, hendaknya, calon pasangan dipilih bukan karena kekayaan, ketampanan, atau ketenarannya. Justru, yang harus menjadi standar utama adalah agamanya. Itulah pesan yang disampaikan oleh Rasulullah Saw. melalui sabdanya,

 

 

 

Dinikahi wanita atas dasar empat perkara: karena hartanya, karena kecantikannya, karena keturunannya, dan karena agamanya. Barang siapa yang memilih agamanya, maka beruntunglah” (H.R. Bukhari dan Muslim).

 

 

 

Dalam kesempatan lain, Rasulullah Saw. juga pernah memberikan nasihatnya kepada para sahabat, “Janganlah kamu menikahi wanita karena kecantikannya, sebab kecantikan itu akan lenyap dan janganlah kamu menikahi mereka karena hartanya, sebab harta itu akan membuat dia sombong. Akan tetapi, nikahilah mereka karena agamanya, sebab seorang budak wanita yang hitam dan beragama itu lebih utama” (H.R. Ibnu Majah).

 

 

Untuk itu betapa beruntungnya menikah dengan orang yang shaleh yang pandai menghormati pasangan hidupnya, sebagaimana jawaban Hasan bin Ali ketika ada orang yang bertanya, “Aku mempunyai anak gadis, menurutmu kepada siapa aku harus menikahkannya?” Maka, Hasan menjawab, “Nikahkanlah dia dengan lelaki yang bertakwa kepada Allah Swt. Jika lelaki itu mencintainya, maka dia akan menghormatinya, dan jika marah maka dia tidak akan menzaliminya.” Dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw. bersabda,

 

 

Tidaklah seorang mukmin meraih pahala setelah takwa kepada Allah Swt. selain istri yang shalehah, yaitu istri yang apabila sang suami menatapnya, dia mampu menenteramkan hatinya. Jika suami memerintahnya, dia (istri tersebut) menaatinya. Jika suami menasihatinya, dia hormat kepadanya. Dan jika suami keluar rumah, maka dia menjaga diri dan hartanya” (H.R. Ibnu Majah).

 

 

Oleh para ulama hadits kemudian hadits ini dimaknai sebagai kewajiban seorang istri kepada suaminya atau bisa dijadikan sebagai ciri atau tanda-tanda istri yang shalihah.

 

 

 

Sungguh bahagia bila kita memiliki jodoh yang shaleh shalihah yang bisa menjadi penyejuk saat kita lelah, menjadi penggembira saat kita sedih, dan menjadi pelindung saat kita menghadapi kesulitan. Rasulullah Saw. bersabda,

 

 

 

Hendaklah kalian berusaha agar memiliki hati yang selalu bersyukur, mempunyai lidah yang selalu berzikir, dan memiliki jodoh shaleh yang bisa saling membantu untuk urusan akhirat” (H.R. Ahmad dan Ibnu Majah).

 

 

 

Nah, menjawab pertanyaan Anda apa ciri atau tanda istri yang durhaka itu? Maka jawaban sederhananya tanda atau ciri istri yang shalihah yang disebutkan dalam hadits Rasul tersebut tinggal dibalik saja. Bisa kita urutkan sebagai berikut,

 

Pertama, istri yang shalehah, yaitu istri yang apabila sang suami menatapnya, dia mampu menenteramkan hatinya. Maka istri yang durhaka jika dipandang menjengkelkan dan timbul amarah suaminya

 

Kedua, istri yang shalehah yaitu istri yang jika suami memerintahnya, maka istri tersebut menaatinya. Maka istri yang durhaka adalah yang membangkang atau menolak perintah suaminya. Selama perintah suami tidak bertentengan dengan syariat maka harus ditaati.

 

Ketiga, istri shalehah, yaitu istri yang jika suami menasihatinya, dia hormat kepadanya. Maka istri durhaka adalah yang tidak hormat dan tidak patuh pada suami.

 

Keempat, istri shalehah, yaitu istri yang jika suami keluar rumah, maka dia menjaga diri dan hartanya. Maka istri durhaka adalah jika suami tidak ada di rumah ia bersolek atau tabarruj, berdandan untuk orang lain dan lainnya. juga ia boros dan membelanjakan harta tanpa izin dari suami.

 

Itu beberapa tanda atau ciri istri yang durhaka atau tidak shalihah. Hal atau tanda yang lain bisa ditambahi atau dicari lagi. Intinya istri durhana kebalikan dari istri shalihah.

 

Lalu kalau bertaubat apakah akan diterima atau diampuni Allah? Insya Allah jika Anda menyadari bahwa apa yang Anda lakukan selama ini bentuk perbuatan durhaka kepada suami kemudian bertaubat, mohon ampun kepada Allah. Lalu meminta maaf kepada suami dan tidak akan mengulangi lagi, maka Allah Maha Pengampun. Dalam Al Quran Allah berfirman,

 

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah swt. Sesungguhnya Allah Subhanahu Wata’alamengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).” (QS. Az Zumar: 53-54).

 

 

Intinya jika Anda sadar itu perbuatan dosa, durhaka pada suami maka Allah Maha Pengampun. Dengan catatan Anda bersungguh bertaubat, minta ampun kepada Allah, meminta maaf kepada suami, tidak mengulangi lagi dan lakukan atau ikuti dengan amal shalih. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, bagi Anda atau sahabat-sahabat sekalian yang ingin membina rumah tangga menjadi harmonis, suami istri saling mencintai dan sebagainya, termasuk mengetahui hak dan kewajiban suami istri silakan baca saya yang berjudul ” Membingkai Surga Dalam Rumah Tangga “. Didalamnya ada tips atau resep bagaimana suami istri mewujudkan keluarga sakinah, mawadah dan penuh rahmah.  Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

 

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

803

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau  email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : Instagram : @percikan_iman.id

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini