Waktu Yang Tepat Mengerjakan Shalat Istikharah

0
672

Assalamu’alaykum. Pak Aam, mohon maaf saya mau bertanya tentang shalat Istikharah. Kapan waktu yang tepat atau terbaik melaksanakan shalat Istikharah? Lalu jawaban dari shalat Istikharah tersebut seperti apa? Kata teman katanya lewat mimpi, benarkah?. Mohon penjelasannya. Terima kasih ( Dhea via fb )

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Ada beberapa pertanyaan yang senada tentang shalat Istikharah dan mudah-mudahan jawaban ini sekaligus bisa dipahami bagi sahabat-sahabat lain yang juga bertanya.

 

 

Kita perlu tahu bahwa istikharah dalam bahasa Arab berarti minta dipilihkan.  Maka jika ada seseorang yang meminta tolong kepada temannya untuk memilihkan buku bacaan yang terbaik dari buku bacaan yang ada, dinamakan perbuatan Istikharah.

 

 

Demikian juga halnya dalam beragama atau dalam Islam. Apabila manusia khususnya orang yang beriman tidak dapat memecahkan masalah hidup yang tengah dihadapi baik dengan akal dan pikiran, dia mengadukan masalah tersebut kepada Allah Swt. agar dibantu memilihkan keputusan terbaik. Caranya adalah dengan melakukan shalat dua rakaat. Shalat tersebut dinamakan shalat Istikharah.

 

 

Selama ini dalam masyarakat kita sebenarnya ada pendapat keliru mengenai shalat Istikharah, yaitu sebagian orang menyangka bahwa setelah melakukan shalat Istikharah, dia akan melihat sesuatu dalam mimpinya atau bisikan atau apalah sebagai jawaban  atau petunjuk atas yang dia Istikharahkan.

 

 

Namun perlu saya tegaskan bahwa anggapan ini tidak berdasar. Tidak ada dalilnya bahwa jawaban atas Istikharah yang kita lakukan jawabannya berupa mimpi atau wangsit dan hal ghaib lainnya. Pada prinsipnya, jika seseorang telah melakukan shalat Istikharah dan hatinya menjadi tenang atas pilihannya, maka tujuan Istikharah telah terpenuhi. Bukan seperti yang diduga sebagian orang bahwa jika seseorang tidak bermimpi, dia harus mengulangi istikharahnya lagi hingga mimpi itu datang.

 

 

Lalu kapan sebaiknya Anda atau kita melaksanakan shalat Istikharah? Dalam kitab Nailul Authar karangan Syaikh Asy-Syaukani mengatakan bahwa shalat Istikharah tidak disunahkan setelah shalat fardhu maupun shalat sunat lainnya. Artinya, shalat Istikharah boleh dilaksanakan terpisah dari shalat fardhu atau shalat sunat.

 

 

Jadi kalau Anda ingin shalat Istikharah maka waktunya  bisa dilaksanakan pagi, siang, sore, atau pun malam hari. Namun, sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadis sahih, Rasulullah Saw. Pernah menyebutkan beberapa waktu ideal untuk memanjatkan doa, antara lain sebagai berikut.

 

 

Pertama, waktu sepertiga malam terakhir

 

Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah Saw. dimana beliay bersabda, “Tuhan kami akan turun setiap malam ke langit dunia sehingga tersisa sepertiga malam yang terakhir. Maka Dia berfirman, ‘Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Kukabulkan baginya; Barangsiapa yang meminta kepada-Ku maka akan Kuberi dia; dan Barangsiapa yang memohon ampunan-Ku maka akan Kuampuni dia.” (H.R. Malik, Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan yang lainnya)

Jadi Anda boleh melakukan shalat Istikharah misalnya setelah shalat Tahajud atau sebelumnya. Atau Anda sengaja shalat Istikharah di sepertiga malam.

 

 

Kedua, waktu sesudah shalat fardhu.

 

Waktu ini berdasarkan hadits Nabi dimana pada suatu hari beliau telah ditanya seorang sahabat lalu Rasulullah Saw bersabda., “Ya Rasulullah, doa yang bagaimanakah yang akan didengar oleh Allah?” Rasulullah Saw. bersabda, “Pada pertengahan malam dan setelah shalat fardhu.

 

 

Ketiga, waktu ketika sujud.

 

Hal ini berdasakan hadits Rasulullah Saw. yang bersabda, “Jarak yang paling dekat seorang hamba dari Tuhannya adalah tatkala dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa kalian pada waktu itu, karena doa kalian patut dikabulkan (Allah Swt.)” (H.R. Muslim).

 

Walaupun dalam beberapa hadis disebutkan doa Istikharah dilaksanakan setelah salam, tetapi tak ada salahnya jika kita memohonkan doa tersebut saat bersujud, bisa pada sujud pertama maupun pada sujud di rakaat kedua. Jadi disini Anda berdoa atas permasalahan Anda dan memohon kepada Allah memberikan jalan keluar terbaik atas pilihan Anda.

 

BACA JUGA: Doa Ketika Hidup Penuh Ujian dan Cobaan

 

Demikian beberapa waktu yang dapat Anda gunakan dalam mengerjakan shalat Istikharah maupun waktu berdoa. Sekali lagi jawaban Istikharah itu bukan lewat mimpi. Ini yang perlu dipahami. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

Nah, terkait dengan waktu shalat dan juga tuntunan doa, Anda dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “SUDAH BENARKAH SHALATKU” atau “ MELANGKAH KE SURGA DENGAN SHALAT SUNAT ”. Di dalamnya ada pembahasan terkait pelaksanaan dan tata cara shalat hingga amalan-amalan doa apa saja, yang dijelaskan secara detail dengan dalil yang shahih. Wallahu a’lam. [ ]

 

buku shalat wudhu

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

892

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau  email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : Instagram : @percikan_iman.id

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini