Mengapa Babi Haram Tapi Diciptakan ? Begini Penjelasannya

0
345

Assalamu’alaykum. Pak Aam, saya ingin bertanya mengapa Allah Swt. menciptakan babi ? Padahal babi itu kan diharamkan? Mohon penjelasannya  dan terima kasih (Nunie via E-Mail)

 

iklan

 

Wa’alaykumsalamww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Ada beberapa sikap yang harus kita miliki dalam hidup kita ini. Pertama, kita harus meyakini bahwa tidak ada yang sia-sia atas ciptaan Allah dimuka bumi ini. Semua pasti ada manfaatnya, seperti yang dijelaskan Allah dalam Al Quran,

 

 

(190). إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

 

(191).الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

Sesungguhnya, dalam pencipta­an langit dan bumi serta pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang berakal,         yaitu orang-orang yang meng-ingat Allah sambil berdiri, duduk, atau berbaring dan mereka memikirkan penciptaan langit serta bumi sambil berkata, “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia. Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.” (QS.Ali Imran: 190-191)

 

Apa pun yang diciptakan Allah pasti ada manfaatnya meskipun manusia tidak membutuhkannya. Babi, misalnya dimana bagi manusia khususnya orang yang beriman adalah binatang haram yang tidak boleh dikonsumsi. Tetapi bisa jadi ada manfaatnya bagi keseimbangan ekosistem yang lain di alam. Babi hutan haram bagi orang yang beriman tapi ia menjadi konsumsi atau makanan hewan buas sebagai keseimbangan ekosistem.

 

 

 

Kedua, bahwa hidup ini dengan segala dinamikanya yang kita jalani adalah ujian. Termasuk semua yang ada di alam semesta ini penuh dengan ujian. Daging binatang itu banyak sekali dan yang haram hanya daging babi. Mengapa kita tidak bisa meninggalkan satu dari sekian banyak binatang  yang  dihalalkan oleh Allah?

 

Merujuk pada surat Al-Anbiya ayat 35 Allah Swt. berfirman bahwa semua makhluk hidup akan merasakan mati, tapi sebelumnya Allah akan menguji dengan kebaikan dan keburukan.

 

(35). كُلُّنَفْسٍذَائِقَةُالْمَوْتِۗوَنَبْلُوكُمْبِالشَّرِّوَالْخَيْرِفِتْنَةًۖوَإِلَيْنَاتُرْجَعُونَ

“Tiap-tiap  yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan” ( QS.Al Anbiya: 35 )

 

 

Segala sesatu yang ada dihadapan dan dalam gengaman kita adalah ujian. Contohnya harta dan anak bisa dapat mejadi kebanggaan atau perhiasan dunia. Namun, Allah berfirman dalam surat At-Taghabun ayat 14-15 bahwa dalam waktu yang bersamaan harta dan anakmu dapat menjadi ujian.

 

يَاأَيُّهَاالَّذِينَآمَنُواإِنَّمِنْأَزْوَاجِكُمْوَأَوْلَادِكُمْعَدُوًّالَكُمْفَاحْذَرُوهُمْۚوَإِنْتَعْفُواوَتَصْفَحُواوَتَغْفِرُوافَإِنَّاللَّهَغَفُورٌرَحِيمٌ

Hai orang-orang  mukmin, sesungguhnya  diantara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

إِنَّمَاأَمْوَالُكُمْوَأَوْلَادُكُمْفِتْنَةٌ ۚ وَاللَّهُعِنْدَهُأَجْرٌعَظِيمٌ

Sesungguhnyahartamudananak-anakmuhanyalahcobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lahpahala yang besar.

 

Jadi, sama halnya dengan makanan pun dapat menjadi cobaan. Makanan di alam semesta ini ada banyak macamnya, tetapi yang diharamkan ialah diantaranya bangkai, babi, atau binatang yang disembelih bukan atas nama Allah. Sebagaimana Allah berfirman dalam Quran Surat Al-Maidah ayat 3:

 

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالْأَزْلَامِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ ۚ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا ۚ فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

 

 

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (di haramkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” ( QS.Al Maidah:3 )

 

 

Dalam penjelasan ayat tersebut sebenarnya hewan atau daging yang diharamkan itu sedikit dan lebih banyak hewan yang dihalalkan. Bangkai itu tidak sehat, apalagi yang darahnya panas. Apa bila darahnya dingin seperti ikan atau hewan laut, maka hukumnya masih boleh.

 

 

Jadi sekali lagi Allah memberikan hal ini semua ada binatang halal dimakan dan haram dimakan sebagai bentuk ujian bagi kita. Selain itu dari beberapa penelitian ilmiah dalam daging babi juga banyak mengandung bakteri yang tidak baik bagi tubuh manusia. Ini salah satu hikmah mengapa daging babi diharam karena tidak sehat dan tidak baik bagi tubuh manusia. Tentu masih banyak hikmah-hikmah yang lain yang bisa jadi ilmu atau pemahaman kita belum yang belum sampai.

 

 

Kemudian kita juga harus meyakini bahwa jika Allah melarang atau mengharam sesuatu pasti manfaatnya baik buat kita atau manusia secara umum. Khamar itu diharamkan karena dampaknya tidak baik bagi tubuh. Zina itu diharamkan karena akan merusak tatanan kehidupan sosial dan kemasyarakatan. Judi juga diharamkan karena dampak sosialnya tidak baik bagi manusia, timbul dendam, permusuhan dan sebagainya. Itulah beberapa hikmah akan diharamkannya sesuatu yang tidak baik bagi kehidupan manusia itu sendiri.

 

Kita hanya tahu hikmahnya saja tetapi yang utama adalah ketaatan kita kepada Allah Swt. Sebab, ketaatan kepada Allah itu bagian dari syariat dan ketakwaan. Melaksanakan yang diperintah (halal) dan menjauhi yang dilarang (haram). Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alambishshawab

 

 

 

4

Red: citra

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

937

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini