Cara Mengatasi Rasa Gelisah dan Takut, Ini Yang Harus Dilakukan

Assalamu’alaykum. Ustadz, saat ini, saya sedang kuliah dan berada di perantauan. Usia saya sudah 20 tahun. Orang tua yang berada di kampung halaman hanya ayah, sedangkan ibu sudah meninggal beberapa tahun lalu. Akhir-akhir ini saya sering merasa gelisah dan saya takut tidak memiliki kesempatan menjadi sukses. Saya pun takut tugas-tugas kuliah saya tidak dapat diselesaikan. Bagaimana cara menghilangkan kegelisahan yang ada pada diri saya? Mohon nasihatnya ( Bim via fb )

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Mempunyai perasaan takut adalah manusiawi, hanya ada yang sifatnya positif namun ada yang negatif. Positif, misalnya takut berbuat dosa, takut melakukan maksiat, takut masuk neraka dan sebagainya. Namun ada takut yang negatif, misalnya takut yang tidak berasalan, takut gagal padahal belum mencoba, takut mati padahal semua orang pasti akan mati.

 

 

Anda termasuk orang-orang yang sangat takut terhadap kegagalan, padahal belum pernah menjalani atau mencoba.Maka  saran saya hanya satu,  lakukanlah apa yang  Anda bisa lakukan dan tetap optimis. Janganlah Anda berdiam diri sambil ketakutan tidak bisa melakukan apa-apa.

 

 

 

Anda dapat melakukan hal-hal berikut, misalnya mengerjakan tugas kuliah sampai selesai sehingga Anda tidak merasa gelisah belum menyelesaikan tugas kuliah anda. Obat untuk mengatasi kegelisahan anda adalah bekerja. Hal ini juga dapat dilakukan oleh para ibu yang sedang gelisah ketika sedang berada di rumah. Ibu-ibu dapat mengobati kegelisahan diri di rumah dengan cara menyapu lantai rumah, mencuci baju, dan sebagainya.

 

 

Jadi, ketika Anda gelisah dan takut, makan jangan biarkan Anda berdiam diri sambil memikirkan kegelisahan yang semakin hari semakin bertambah. Itu tidak akan menyelesaikan masalah. Ketika Anda gelisah, lakukanlah sesuatu yang sekiranya bisa Anda kerjakan. Misalnya, ada mahasiswa yang gelisah karena tugas akhirnya tidak kunjung selesai.

 

 

Kemudian Anda seorang muslim maka ketika perasaan gelisah atau takut itu datang , maka Anda bisa segera ambil wudhu kemudian shalat sunat syukrul wudhu. Berdzikir dan berdoa  memohon ketenangan hati lalu boleh dilanjutkan dengan membaca Al Quran.

 

 

(28). الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

 

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka tenang dengan mengingat Allâh, ketahuilah dengan mengingat Allâh hati menjadi tenang”  (QS.Ar-Ra’d: 28)

 

 

 

Kalau ada tugas kuliah maka mendaknya ia menyelesaikan tugas akhirnya dengan mendatangi perpustakaan, mencari sumber-sumber referensi yang dibutuhkan untuk tugas akhirnya, dan sebagainya. Namun, alangkah baiknya ketika gelisah, Anda segera ambil wudu dan salat, berdoa kepada Allah supaya dijauhkan dari rasa gelisah yang terus membayangi Anda. Setelah selesai salat dan berdoa, baru Anda dapat melakukan apa yang bisa anda lakukan untuk mengobati kegelisahan anda.

 

 

Selain itu, lingkungan pergaulan juga berpengaruh terhadap mental dan perilaku anda. Jika anda bergaul dengan orang-orang yang selalu berpikir positif, itu akan menjadikan anda lebih termotivasi dalam menyelesaikan masalah yang anda hadapi.

 

 

Orang yang berpikir positif selalu melihat segala persoalan dari sisi baiknya, bersikap realistis, menghadapi kenyataan dengan berbuat sebaik-baiknya, dan mampu menyemangati bahkan membantu orang lain dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

 

 

 

Sebaliknya, jika anda bergaul dengan orang-orang yang selalu berpikir negatif, itu akan menjadikan anda tidak dapat menyelesaikan masalah yang anda hadapi, bahkan akan membuat mental anda semakin terpuruk. Orang yang berpikir negatif selalu melihat segala persoalan dari sisi buruknya, lari dari kenyataan, mudah menyerah, dan menyalahkan keadaaan.

 

 

 

Jadi, Anda harus berhati-hati dalam bergaul karena itu akan berpengaruh terhadap mental dan perilaku Anda. Anda juga harus menyibukkan diri dengan beraktivitas di kampus, seperti himpunan, organisasi, dan sebagainya agar kegelisahan yang Anda alami tidak mengganggu Anda. Tetaplah optimis bahwa suatu hari nanti Anda akan sukses. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

 

Nah, terkait dengan cara berdoa dan shalat Anda dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “ Doa Orang-Orang Sukses “ atau “ Melangkah Ke Surga Dengan Shalat Sunat ”. Didalamnya ada cara dan panduan berdoa dan shalat yang dicontohkan Rasul. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

buku shalat

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

974

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

(Visited 259 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment