Makna Sakinah Mawaddah Warahmah Dalam Pernikahan dan Keluarga

Assalamu’alaykum. Pak Aam, Insya Allah bulan depan saya akan melangsungkan pernikahan. Mohon doanya. Ada yang mau saya tanyakan, apa arti dari sakinah mawaddah wa rahmah itu? Bagaimana mewujudkannya? Terima kasih ( Salma via fb )

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Salah satu tujuan orang menikah dan berumah tangga adalah untuk mendapatkan keluarga yang sakinah mawaddah dan rahmah. Hal ini sering kita berikan atau ucapkan doa saat menghadiri undangan pernikahan, semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

 

 

 

Sakinah berarti menenangkan, menyejukkan. Mawaddah artinya adalah ketenangan yang tumbuh karena cinta. Jika anda dekat dengan orang yang anda sayangi dan anda merasa senang sertatenang jika berada di dekatnya, itulah yang dimaksud dengan mawaddah.

 

 

Rahmah berarti kasih sayang Allah yang tiada batas kepada makhluk-Nya. Rahmah adalah milik sekaligus hak prerogatif Allah yang diberikan kepada hamba-Nya. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu meminta kepada Allah agar dinaungi rahmat seperti dalam ayat berikut.

 

 

(8). رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

 

 

“Mereka berdoa, “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami pada kesesatan sete­lah Engkau berikan petunjuk kepada kami dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya, Engkau Maha Pemberi.” ( QS.Ali Imran: 8)

 

 

Dalam Al Quran, Allah Swt menjelaskan tentang apa yang Anda tanyakantersebut yakni sakinah mawaddah wa rahmah dalam ayat berikut.

 

 

(21). وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

 

 

Di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah Allah menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, serta Allah jadikan rasa kasih dan sayang di antaramu. Sung­guh, pada yang demikian itu ter­dapat tanda-tanda kebesaran Allah ba­gi kaum yang berpikir. ” (QS. Ar-Rum: 21)

 

 

 

Ayat di atas mengandung makna bahwa jika suami-istri ingin kehidupan rumah tangga mereka dirahmati Allah, mereka harus berjuang, berikhtiar, dan selalu memupuk rasa cinta serta kasih sayang.Dalam kehidupan berumah tangga, rasa cinta dan kasih sayang tidak dapat dibiarkan begitu saja, anda dan pasangan harus memupuknya.

 

 

 

Memupuk rasa cinta dan kasih sayang ini dapat diibaratkan dengan anda sedang merawat tanaman. Tanaman yang anda miliki harus Anda sirami, diberi pupuk, dikendalikan hamanya sehingga tanaman yang Anda miliki tersebut akan bertumbuh bagus.

 

 

 

Demikian halnya dengan kehidupan rumah tangga, Anda tidak dapat membiarkannya apa adanya. Kehidupan rumah tangga harus direkayasa, maksudnya adalah Anda dan pasangan serta anak-anak berusaha untuk membangun cinta dan kasih sayang dalam kehidupan keluarga.

 

 

 

Jika sudah tercipta cinta dan kasih sayang di dalam keluarga, ketenangan (sakinah) pun akan datang kepada setiap anggota keluarga. Apabila sudah terjadi seperti itu, rahmat Allah akan turun sebagai hadiah bagi keluarga tersebut karena perjuangan mereka menciptakan sakinah dan mawaddah dalam keluarga.

 

 

 

Kehidupan rumah tangga manusia ada yang dirahmati Allah dan ada juga yang tidak dirahmati-Nya. Bagaimana mungkin rahmat Allah turun kepada keluarga jika para anggota keluarganya (terutama suami-istri)selalu berkonflik?

 

 

 

Manusia diciptakan tidak sempurna, maksudnya adalah setiap manusia pasti memiliki kekurangan, terutama dari segi sifat dan perilaku. Jika anda ingin kehidupan rumah tangga mencapai kriteria sakinah mawaddah wa rahmah, anda dan pasangan harus mampu menerima segala kekurangan masing-masing.

 

 

 

Syukuri setiap kelebihan yang ada pada pasangan. Hendaknya anda dan pasangan juga saling memaafkan kesalahan masing-masing. Selain itu, hendaklah anda dan pasangan saling berterima kasih. Dengan demikian, Allah pun akan menurunkan rahmat-Nya kepada Anda dan pasangan. Demkian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Nah, terkait dengan pembahasan keluarga sakinah ini, Anda dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “ Insya Allah Sakinah “ atau “ Membingkai Surga Dalam Rumah Tangga “, dimana didalamnya ada tips dan cara dalam mewujudkan keluarga sakinah tersebut. Juga ada beberapa studi kasus permasalahan rumah tangga dan cara menyelesaikannya. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

924

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

 

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

 

(Visited 406 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment