Tempat Yang Dilarang Untuk Mendirikan Shalat, Ini Yang Harus Diperhatikan

 

PERCIKANIMAN.ID – – Pada hakikatnya semua pernukaan bumi ini adalah milik Allah dan boleh untuk beribadah ( shalat). Namun dalam beberapa hadis sahih, terdapat beberapa keterangan mengenai tempat terlarang mengerjakan shalat, yaitu sebagai berikut.

 

 

  1. Kuburan dan kamar mandi.

 

 

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Saw. dalam sebuah hadis, “Seluruh bumi ini adalah masjid kecuali kuburan dan kamar mandi” (H.R. Abu Daud).

 

 

  1. Tempat ibadah agama lain, terlebih tempat yang terdapat patung di dalamnya.

 

Dalam sebuah hadits dari Umar r.a. yang berkata, “Kami tidak mau memasuki gereja kalian (shalat) disebabkan patung-patung yang terdapat di dalamnya, yakni gambar-gambar.” (H.R. Bukhari)

 

 

  1. Kandangan unta.

 

Hal ini berdasarkan hadits dari Abu Hurairah r.a. berkata, telah bersabda Rasulullah Saw., “Kalian boleh shalat di kandang kambing, tetapi jangan shalat di kandang unta.” (H.R. Tirmidzi)

 

 

 

Selain itu, ada pula keterangan yang menyebutkan tempat-tempat yang sangat tidak layak dijadikan tempat shalat, sebersih apa pun tempat tersebut, yaitu shalat di tempat pembuangan sampah dan tempat berlalu-lalangnya orang-orang dan juga tempat yang jelas ada najisnya.

 

 

Walaupun hadis-hadis tersebut dinilai dhaif, tetapi masih bisa digunakan karena tempat-tempat tersebut memang tidak pantas dijadikan sebagai tempat shalat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

 

Sumber: dikutip dari buku “ Melangkah Ke Surga Dengan Shalat Sunnat “ karya Dr. Aam Amiruddin,M.Si

 

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

931

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 948 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment