Shalat Isya Baiknya Diawal atau Diakhir Waktu ? Begini Yang Dilakukan Rasul

PERCIKANIMAN.ID – – Waktu untuk shalat Isya dimulai saat berakhirnya shalat Maghrib. Shalat Isya berakhir saat masuknya sepertiga malam atau lewat tengah malam.

 

 

Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Seandainya aku tidak memberatkan umatku, aku perintahkan mereka untuk mengakhirkan atau menunda shalat Isya hingga sepertiga malam atau separuhnya” (H.R. Ahmad, Ibnu Majah, dan Tirmizi).

 

 

Diriwayatkan oleh Aisyah r.a., “Rasulullah Saw. mengakhirkan shalat Isya sampai malam telah berlalu sebagian besarnya dan mereka yang menunggu di masjid sudah tertidur. Kemudian, beliau mengerjakan shalat dan berkata, “Ini adalah waktunya, jika saja aku tidak memberatkan umatku” (H.R. Muslim).

 

 

Banyak yang mempertanyakan hadis-hadis tersebut, bukankah shalat terbaik itu shalat yang dilakukan di awal waktu? Itu untuk shalat selain shalat Isya. Jika mengenai shalat Isya, Rasulullah lebih senang mengakhirkannya. Akan tetapi, beliau pun terkadang melakukan shalat Isya pun di awal waktu.

 

 

Dalam sebuah hadits dari Jabir r.a. berkata, “… Rasulullah Saw. melakukan shalat Isya terkadang diakhirkan dan terkadang di awalnya. Bila beliau melihat jamaah telah berkumpul, maka Isya dipercepat dan bila mereka datang lebih lambat, maka shalat Isya diakhirkan …” (H.R. Bukhari dan Muslim)

 

 

Alasan Rasulullah Saw. lebih senang mengakhirkan shalat Isya karena beliau tidak ingin menodai akhir ibadahnya dengan percakapan yang sia-sia sehingga shalatnya benar-benar menjadi penutup hari.

 

 

Selain itu, hikmahnya pelaksanaan shalat Isya di akhir waktu karena malam merupakan waktu yang sangat tenang, sehingga paling memungkinkan untuk mencapai kekhusyukan shalat yang maksimal.

 

 

Namun demikian melakukan shalat Isya dengan berjamaah tentu lebih afdhol daripada shalat sendirian di rumah. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

 

Sumber: dikutip dari buku “ Jangan Hanya 5 Waktu “ karya Dr. Aam Amiruddin, M.Si

 

 4

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

824

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

 

(Visited 1,054 times, 2 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment