Khutbah Idul Adha 2019, Dubes RI di Khartoum Ajak Umat Senantiasa Bersyukur

0
131

PERCIKANIMAN.ID – – Jutaan kaum muslimin merayakan Idul Adha 1440 H diberbagai belahan dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia yang berada di Khartoum Sudan. Pelaksanaan shalat Ied sendiri , berlangsung dengan khidmat yang diselenggarakan di Kedubes Indonesia untuk Khartoum, Ahad ( 11/8/2019).

 

iklan

 

Dalam sambutannya Dubes Indonesia untuk Khartoum Sudan, Drs. H. Rossalis Rusman Adenan, MBA menyampaikan bahwa salah satu kewajiban seorang muslim adalah senantiasa bersyukur atas segala karunia dan nikmat yang telah Allah Swt anugerahkan kepada kita. Ia menyampaikan pesan Al Quran dalam Surat Ibrahim ayat 7 yang artinya,

 

 

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih“.

 

 

Ia menambahkan bahwa salah satu bentuk syukur kepada Allah Swt adalah dengan melaksanakan penyembelihan hewan qurban di hari Idul Adha atau hari tasyrik. Hal ini sebagaimana telah Allah Swt perintahkan sebagaimana terdadapat dalam Surat Al Kautsar ayat 1 – 2,

 

 

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah.”

 

 

 

Sementara itu menanggapi kondisi dan situasi di Sudan saat ini khususnya pasca jatuhnya rezim Omar Al Bashir yang cukup dinamis namun situasinya saat ini cukup kondusif. Walau oleh media Barat diberitakan akan terjadi perang saudara namun hal itu tidak terbukti.

 

 

 

“Hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dengan Sudan dalam satu tahun terakhir ini setidaknya menunjukkan berjalan cukup baik. Hal ini tandai dengan saling berkunjung ditingkat pejabat pemerintah dan juga saling dukung di forum internasional,” paparnya.

 

 

 

Sementara itu terkait momen peringatan Kemerdekaan Indonesia yang ke 74 tahun yang sebentar lagi akan dirayakan Bangsa Indonesia, Dubes Drs. H. Rossalis Rusman Adenan mengingatkan sekaligus mengajak untuk senantiasa bersyukur.

 

 

Jamaah Shalat Idul Adha 2019 di Khartoum

 

 

“Bangsa Indonesia telah melalui sejarah yang panjang yang ditandai dengan berbagai ancaman dan tantangan baik di masa kemerdekan maupun setelah kemerdekaan. Kita harus bersyukur bahwa hingga saat ini NKRI masih berdiri kokoh,” ungkapnya.

 

 

 

Pelaksanaan Shalat Iedul Adha di Wisma Duta sendiri dihadiri ratusan kaum muslimin khususnya WNI yang berada di Sudan. Usai pelaksanaan shalat Idul Adha 1440H, panitia melanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban dari beberapa WNI di Khartoum. Kemudian daging hewan qurban akan dibagikan kepada WNI dan masyarakat . Kegiatan penyembelihan dan pembagian daging qurban berlangsung di Sekretariat PPI Sudan. [ ]

 

4

Rep: Suwandi

Editor: iman

Foto-foto: suwandi

630

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman