Doa Sebelum Salam Tahiyat Akhir, Ini Yang Dapat Kita Panjatkan

PERCIKANIMAN.ID – – Selesai membaca tahiyyat khsusunya tahiyyat akhir dan sebelum salam, yakni ketika bacaan kita sampai pada kalimat innaka hamiidum majiid, sebaiknya jangan dulu salam.

 

 

Kalau situasi memungkinkan, kita dianjurkan untuk menambahkan sejumlah doa. Kita bisa memilih beberapa doa yang ada; doa mana yang paling dihafal atau yang paling disukai.

 

 

Bahkan, dalam satu waktu shalat, semua doa ini bisa kita baca. Doa-doa tambahan ini bisa kita baca saat shalat wajib ataupun shalat sunah. Berikut ini beberapa doanya:

 

  1. Abu Hurairah r.a. menerangkan jika Rasulullah Saw. pernah bersabda bahwa bila salah seorang di antara kalian selesai membaca tahiyyat akhir, berlindunglah pada Allah dari empat hal, yaitu dengan membaca …

Allaahumma innii a‘uudzubika min ‘adzaabi jahannama wamin ‘adzaabil qabri wamin fitnatil mahyaa wal mamaati wamin syarri fitnatil masiihid dajjaal.

 

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa Neraka Jahanam, dari siksa kubur dan dari bencana kehidupan dan kematian, serta dari kejahatan bencana dajjal yang penipu.” (H.R. Muslim)

 

2. Aisyah r.a. menjelaskan bahwa Rasulullah Saw. berdoa pada waktu shalat .

 

Allaahumma innii a‘uudzubika min ‘adzaabil qabri, wa a‘uudzubika min fitnatil masiihid dajjaal, wa a‘uudzubika min fitnatil mahyaa wa fitnatil mamaati. Allaahumma innii a‘uudzubika minal ma’tsami wal maghrami.

 

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan bencana dajjal yang penipu, dan aku berlindung kepada-Mu dari bencana kehidupan dan kematian. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan dosa dan jauhkan aku dari lilitan berutang.” (H.R. Muttafaq ‘alaih)

 

 

3. Ali bin Abi Thalib r.a. mengatakan bahwa pada tahiyyat akhir, Rasulullah Saw. membaca …

 

Allaahummagh firlii maa qaddamtu, wamaa akhkhartu, wamaa asrartu wamaa a‘lantu, wamaa asraftu, wamaa anta a‘lamu bihi minnii, antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta.

Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang terdahulu ataupun yang kemudian, semua yang kusembunyikan serta yang kunyatakan, semua yang terlanjur dan semua yang Engkau sendiri lebih mengetahui daripada aku. Engkau-lah yang mempercepat dan yang menangguhkan. Tiada tuhan selain Engkau.” (H.R. Muslim)

 

4. Abu Bakar r.a. pernah meminta Rasulullah Saw. mengajarkan doa yang bisa dibacanya setiap kali shalat. Rasulullah Saw. bersabda, “Bacalah doa ini …

 

 

Allaahumma innii zhalamtu nafsii zhulman katsiiran, walaa yaghfirudz dzunuuba illaa anta, faghfirlii maghfiratan min ‘indika warhamnii innaka antal ghafuurur rahiim.

 

Ya Allah, sesungguhnya aku telah banyak berbuat aniaya terhadap diriku, sedangkan tiada yang dapat mengampuni dosa itu kecuali Engkau. Maka, berilah aku ampunan dari sisi-Mu dan berilah aku rahmat, sungguh Engkau Maha Pengampun dan Pemberi Rahmat.” (H.R. Muslim)

 

 

Itulah di antara doa-doa tambahan setelah kita membaca doa tahiyyat akhir sebelum salam. Kita bisa membaca salah satu doa di antara empat doa itu. Bahkan, kalau mempunyai waktu luang dan hafal semuanya, tentu merupakan keutamaan apabila kita membaca semuanya.

 

 

Namun, kalau tidak memungkinkan karena imam terlanjur salam, misalnya, doa itu tidak dibaca pun tidak akan mengurangi keabsahan shalat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

Sumber: dikutip dari buku “ Sudah Benarkah Shalatku ? ” karya Dr. Aam Amiruddin,M.Si

 

 

 

 

3

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

826

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 1,970 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment