Hukum Shalat Di Raudhah, Ini Keutamaannya

 

Assalamu’alaykum. Pak Ustadz, insya Allah tahun ini kami akan menuaikan ibadah haji. Terkait dengan shalat di Raudhoh, apakah termasuk rukun haji? Sebab banyak saudara juga teman-teman berpesan agar bisa melaksanakan shalat di Raudhoh meskipun penuh dan berdesakan. Kalau shalatnya sendiri niatnya shalat apa? Mohon penjelasannya dan terima kasih. ( Salam vi fb )

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Sebelumnya sudah sering kita jelaskan tentang posisi atau kedudukan shalat di Raudhoh ini yang biasanya menjadi tempat shalat favorit bagi jamaah haji atau pun umroh.

 

 

 

Begini, Raudhoh ini sebenarnya adalah sebuah bidang tempat shalat yang berada di Masjid Nabawi. Posisi atau letaknya sendiri berada diantara antara mimbar dengan rumah Nabi Saw. Keutamaan shalat di Raudhoh ini dapat kita simak dari sabda Nabi Saw.

 

 

Bidang (lahan) antara rumahku dan mimbarku adalah sebuah taman dari taman-taman surga.”  (H.R. Bukhari)

 

 

Berdasarkan hadits ini kemudian banyak orang yang berlomba-lomba bahkan sangat memaksakan diri untuk bisa shalat di Raudhoh. Padahal tempatnya sempit sehingga sangat berdesak-desakan bahkan kadang harus berebut sikut-sikutan dengan jamaah lain dari berbagai Negara.

 

 

Bisa dimaklumi mengingat Raudhoh ini tempatnya relatif sempit. Ukurannya sekira 4X6 meter atau 24 meter persegi saja, sementara kalau dibandingkan dengan ukuran Masjid Nabawi yang luasnya mencapai 98.000 m2 tentu Raudho sangat kecil. Konsekuensinya, untuk bisa shalat di Raudhah, butuh usaha yang ekstra keras karena harus bersaing dengan jemaah haji lain yang sama-sama ingin bisa melaksanakan shalat disitu.

 

 

Shalat di Raudhah hukumnya sunah, sementara menyakiti sesama manusia apalagi sesama muslim hukumnya haram. Jadi, kalau kita ditakdirkan berada di Masjid Nabawi dan menyaksikan orang-orang berjubel berebut bahkan sikut sana sini untuk bisa shalat di Raudhah dan logika kita mengatakan bahwa kalau ikut rebutan itu akan menyakitai orang lain, lebih baik kita tidak ikut berebut.

 

 

Ingat, menyakiti orang lain itu hukumnya haram sementara shalat di Raudhah itu hukumnya sunah. Jangan sampai demi melakukan yang sunah kita melakukan yang haram. Kita juga diharamkan untuk menjerusmuskan diri pada kebinasaan atau perbuatan yang bisa mencelakai diri sendiri dan orang lain. Sebagaimana firman Allah Swt.

 

 

(195). وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ……

 

 

“…….jangan menjatuhkan dirimu dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah. Sesungguhnya, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” ( QS.Al Baqarah: 195 )

 

 

Jadi, menjaga diri agar selamat atau tidak celaka hukumnya wajib, sementara shalat di Raudhah itu hukumnya sunah. Berebut tempat shalat di Raudhoh bisa jadi menyakiti diri sendiri dan orang lain, karena kadang harus sikut kanan kiri, apalagi yang badannya kecil bisa terjepit orang lain yang badannya besar. Karena itu, jangan sampai demi melaksanakan yang sunah kita mengorbankan yang wajib yakni menjaga keselamatan.

 

 

Kemudian shalat apa yang bisa dilakukan di Raudhoh? Secara prinsip, shalat apa pun bisa dilakukan. Kita bisa shalat wajib, tahiyyatul masjid, dhuha, istikharah, dan sebagainya. Pokoknya shalat apa pun bisa dilakukan selama memungkinkan tempatnya.

 

 

Sekali lagi, jika memungkin dianjurkan shalat di Raudhoh. Namun sekiranya harus berdesak-desakkan, berhimpitan bahkan bisa terjepit jamaah yang bisa mencelakai diri sendiri maka sebagai tidak memaksakan diri. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu A’lam bishshawab. [ ]

 

3

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

923

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

(Visited 800 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment