Tips Jauhkan Anak Dari Kecanduan Smartphone, Lakukan 5 Langkah Sederhana Ini

0
291

 

PERCIKANIMAN.ID – – Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi tak dapat dihindari. Salah satunya adalah kehadiran telepon seluler (ponsel) pintar atau smartphone. Hadirnya smartphone bukan sebatas saran komunikasi dan berbagi informasi melainkan sudah menjadi kebetuhan hidup keseharian bahkan sarana hiburan juga.

iklan

 

Dalam perkembangannya Smartphone bukan hanya “pegangan orangtua bahkan sudah merambah dikalangan anak-anak.  Keberadaan ruang bermain yang semakin terbatas, membuat banyak anak tak punya pilihan lain selain mengakses berbagai aplikasi di ponsel pintar atau smartphone sebagai sarana hiburan (games) mereka.

 

Tak sedikit pula orang tua yang lalai hingga membuat anak menjadi kecanduan bermain dengan ponsel. Beberapa kasus kerap menganggu aktivitas utamanya yakni belajar (sekolah) bahkan bisa menjauhkan dari kehidupan sosialnya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut enam cara menjauhkan anak dari kecanduan ponsel atau smartphone:

 

  1. Ajak anak beraktivitas ke luar rumah seperti main di taman.

Bermain di alam terbuka dengan teman-teman atau dengan anggota keluarga sebenarnya jauh lebih menarik ketimbang bermain smartphone (gadget). Jika tidak bisa mengajak anak bermain di alam terbuka setiap hari, minimal para orangtua bisa mengajak seminggu sekali atau setiap akhir pekan.

 

  1. Batasi penggunaan, dengan menerapkan aturan waktu menggunakan

Bagi anak yang sudah cukup usia dengan mengetahui fungsinya, kehadiran smartphone bisa membantu menyelesaikan tugasnya. Namun penggunaan yang berlebihan dengan mengabaikan waktu dan tempat justru sebaliknya dapat membuatnya ketergantungan.

 

  1. Bicarakan dengan anak efek berbahaya menggunakan smartphone dalam waktu lama untuk kesehatan.

Sebelum memberikan smartphone pada anak alangkah bijaksananya jika orangtua mampu memberikan pengertian dan pengetahuan singkat tentang teknologi multi fungsi ini. jelaskan tentang dampak buruknya dari sisi kesehatan khususnya mata dan otak jika sering menggunakan secera berlebihan.

 

  1. Beri contoh yang baik dengan tak menggunakan ponsel sepanjang hari di depan anak.

Memberikan keteladan atau contoh adalah metode mengajarkan kepada anak yang paling bijak dan efektif. Jika meminta anak-anak menjauhi aktivitas dengan smartphone maka alangkah bijaksananya jika hal itu dimulai dari orangtua. Para orangtua hendaknya mempunyai waktu khusus berinteraksi dengan smartphonenya.

 

  1. Bangun kedekatan dengan anak, seperti bermain atau membaca buku bersama.

Orangtua yang sibuk dan selalu lekat dengan smartphonenya akan membuat anak merasa tidak terperhatikan. Aktivitas bersama seperti bermain bola, berkebun atau sekedar membaca buku akan membuat anak menjadi lebih dekat bersama orangtua. Saat hari libur, aktivitas bersama ini bisa dilakukan dengan memasak, membuat kue dan sebagainya. Sementara bagi orangtua atau keluarga muslim aktivitas bersama ini bisa dilakukan dengan mengajak ikut kajian atau pengajian ke masjid yang agak jauh dari rumah.

 

Demikian beberapa tips agar anak tidak sampai kecanduan gadget atau smartphone. Semoga bermanfaat. [ ]

3

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

820

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman