Tips Komunikasi Efektif Suami Dan Istri, Lakukan 4 Hal Ini Untuk Terbangun Keluarga Samara

PERCIKANIMAN.ID – – Dalam kehidupan rumah tangga hubungan suami dan istri bukanlah sebatas relasi anatara seorang atasan dengan bawahannya. Bukan pula seperti hubungan antara pemerintah dengan rakyatnya dimana sering digambar pemerintah pelayan rakyat atau hubungan relasi-relasi lainnya.

 

 

Hubungan suami istri dalam kehidupan harus diliputi dengan rasa cinta dan kasih-sayang yang ada awalnya namun tidak ada akhirnya. Awalnya dimulai saat berkomitmen membangun rumah tangga (ijab qabul) dan diakhiri hingga keduanya dipisahkan dengan kematian, bahkan setelah kematian terjadi suami istri tetap bisa meneruskan hubungan minimal mendoakan.

 

 

Membangun rumah tangga dengan mempunyai pasangan (suami atau istri) adalah salah satu karunia dari Allah Swt. Allah menjadi suami istri adalah untuk menciptakan rasa kasih sayang dan ketentraman. Dalam Al Quran dijelaskan,

 

(21). وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

 

Di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah Allah menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, serta Allah jadikan rasa kasih dan sayang di antaramu. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir.”  (QS Ar-Rum :21)

 

 

Tujuan dalam membangun rumah tangga adalah terbentuknya keluarga yang sakinah, mawaddah dan penuh rahmah (samara). Terwujudnya keluarga SAMARA adalah dambaan semua orang khususnya orang-orang yang beriman. Namun dalam perjalanannya untuk mewujudkan keluarga SAMARA bukan sebuah sulap yang datang tiba-tiba.

 

 

Banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi oleh suami istri dalam mewujudkannya. Salah satu cara atau pilar untuk mewujudkan keluarga SAMARA adalah pola komunikasi yang efektif dan berkualitas antara suami dan istri. Sebab, banyak persoalan yang muncul dalam keluarga khususnya suami dan istri berawal dari komunikasi yang tidak baik atau “mati komunikasi”.

 

 

Berikut ini adalah tips membangun komunikasi yang baik dan efektif yang dapat dilakukan dan dibangun antara suami dan istri:

  1. Respek yang baik dan hangat.

Baik suami atau istri harus menunjukkan sikap respek atau respon yang baik dan hangat. Sikap, tatapan, intonasi, sapaan serta kalimat yang digunakan suami atu istri ketika berkomunikasi dengan pasangannya harus menunjukkan rasa hormat, tidak melecehkan apalagi menjatuhkan dan menjadi pendengar yang baik.

 

  1. Tunjukkan empati

Sering kali seorang suami yang baru pulang kerja akan acuh ketika istrinya mengajaknya ngobrol atau sekedar bertanya. Padahal bisa jadi apa yang akan diceritakan atau disampaikan istri sangat urgent. Dalam situasai ini suami kurang menunjukkan rasa atau sikap yang empati pada istri. Kemampuan suami atau istri untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh pasangan sehingga keduanya akan memahami apa yang sedang dirasakan pasangannya.

 

  1. Adanya keterbukaan

Keterbukaan bukan berarti suami atau istri harus mengungkapkan semua kelemahan atau kekurangan masing-masing. Namun keterbukaan dan transparasi dalam rumah tangga tidak menutupi masalah yang sebenarnya harus diselesaikan. Suami-istri harus menjauhkan kecurigaan terhadap pasangan.

 

  1. Rendah hati.

Dalam hal informasi dan perkembangan situasi kekinian biasanya seorang suami lebih banyak dan lebih tahu dari istri. Saat berkomunikasi dengan istri, suami tidak boleh menunjukkan pengetahuannya tersebut secara berlebihan dan menganggap istri kurang pergaulan (kuper) atau kurang update (kudet). Demikian juga sebaliknya, bisa jadi istri lebih banyak tahu dari suami maka pasangan suami istri tidak boleh bersikap arogan kepada pasangan. [ ]

 

Disarikan dari buku “ Insya Allah Sakinah “ karya Dr.Aam Amiruddin,M.Si

 

4

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 1,273 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment