Cara Takbir, Sedekap dan Ruku Yang Dicontohkan Rasul

Assalamu’alaykum. Pak Ustadz mohon maaf sebelumnya kalau pertanyaan saya terlalu dasar. Saya seorang mualaf yang sedang yang masih belajar Islam. Alhamdulillah saya sudah menjalankan shalat khususnya yang wajib dan sesekali yang sunnah juga. Cuma dalam beberapa hal gerakan shalat seperti takbir, tangan sedekap dan ruku masih suka disalahkan orang. Padahal saya belajar dari ustadz dan buku-buku juga. Mohon penjelasannya tentang cara takbir,sedekap tangan dan ruku yang benar. Terima kasih sebelumnya. ( Robby via fb )

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Tentu saya secara pribadi dan juga pembaca sekalian turut berbahagia atas keislaman Anda. Semoga Allah senantiasa memberikan keistiqomahan kepada Anda dan Anda senantiasa menjaga hidayah Allah tersebut.

 

 

Salah satu atau amalan utama seorang muslim dengan non muslim (kafir) adalah dalam bab shalatnya. Dalam sebuah hadits Rasul bersabda,

 

 

Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah mengenai shalat, barangsiapa meninggalkannya maka dia kafir.” (HR. Ahmad, Abu Daud, At Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah )

 

Jadi shalat adalah ibadah mahdhoh yakni ibadah diperintahkan oleh Allah Swt dengan tata cara mengikuti apa yang telah Rasulullah Saw contohkan. Kita tidak diperbolehkan melakukan shalat baik waktu,rakaat maupun gerakan diluar apa yang tidak Rasul contohkan.

 

Kemudian bagaimana dengan cara atau gerakan shalat yang Rasul contohkan? Berikut penjelasan singkatnya saja.

 

  1. Takbiratul Ihram

 

Setelah berniat, berdiri menghadap kiblat, dan lakukanlah takbiratul ihram. Cara takbiratul ihram:

  • Mengangkat tangan sejajar pundak/bahu atau sejajar dengan telinga sambil mengucapkan Allahu Akbar (H.R. Bukhari dan Baihaqi)
  • Jari-jari tangan rapat, atau boleh juga tidak terlalu renggang (H.R. Bukhari)
  • Pandangan mata tepat ke tempat sujud (H.R. Bukhari dan Muslim)

 

 

  1. Bersedekah atau Meletakkan Tangan

 

Setelah takbir, letakkan tangan kanan di atas pergelangan tangan kiri (tempat biasanya kita menyimpan jam tangan). Perhatikan caranya pada gambar berikut ini. Cara bersedekap:

  • Meletakkan tangan di antara dada dan perut (H.R. Bukhari), atau
  • Meletakkan tangan di dada (H.R. Ibnu Khuzaimah)
  • Pandangan mata tertuju ke tempat sujud (H.R. Bukhari dan Muslim)

 

 

  1. Posisi Ruku

 

Ruku adalah membungkukkan badan hingga tulang punggung rata dengan kepala dan meletakkan kedua telapak tangan pada kedua lutut. Cara ruku:

  • Mengangkat tangan sejajar pundak/bahu atau sejajar dengan telinga sambil mengucapkan Allahu Akbar (H.R. Bukhari).
  • Membungkukkan badan; tidak terlalu bungkuk dan tidak terlalu terangkat, pandangan tertuju pada tempat sujud (H.R. Bukhari).
  • Jari-jemari mencengkeram lutut (H.R. Ibnu Hibban).

 

 

Demikian penjelasan atau gambaran singkat tentang apa yang Anda tanyakan. Saran saya, Anda sebaiknya belajar atau prakyik langsung dengan ustadz atau betul-betul paham agama akan yang membimbing Anda. Tentu saja belajar melalui buku tidak dilarang namun juga harus diteliti lagi siapa pengarang buku tersebut dan tidak asal membaca.

 

 

Jadi apa yang Anda lakukan tentu sudah sangat bagus belajar dan belajar tentang Islam termasuk dalam hal ibadah. Anda juga tidak perlu marah atau tersinggung jika ada yang menyalahkan selama hal tersebut ada dalilnya yang shahih. Dengan hal itu Anda bisa bertanya dan belajar lagi secara benar. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

 

Terkait dengan pembahasan ibadah khususnya shalat baik yang wajib maupun yang sunnah, Anda atau bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa membaca buku saya yang berjudul “ SUDAH BENARKAH SHALATKU” atau “MELANGKAH KE SURGA DENGAN SHALAT SUNAT”. Didalamnya ada contoh dan penjelasannya serta dalil yang insya Allah shahih. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 717 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment