Tips Olahraga Untuk Orang Sibuk, Lakukan Ini Mudah dan Mudah

 

Oleh: M. Isman*

 

PERCIKANIMAN.ID – – Seringkali kesibukan jadi alasan untuk tidak berolahrga. Padahal orang sibuk justru harus menyempatkan diri melakukan kegiatan yang satu ini, supaya tubuh terkondisikan siap menghadapi aktifitas yang padat.

 

 

Harap diingat, ketika kita tidur metabolisme tubuh melambat. Oleh sebab itu pagi hari sebelum sarapan dan beraktifitas, metabolisme penting untuk dinaikan kembali melalui olahraga.

 

 

Bayangkan kendaraan yang tak pernah dipanaskan dan langsung dipakai perjalanan berat setiap hari, tentu mesinnya cepat rusak kan?.  Demikian halnya dengan tubuh kita.

 

 

Olahraga sendiri tidak perlu berlama – lama. Dengan program High Intensive Interval Training (HIIT) dan Circuit Training (CT), anda cukup berolahraga 4 sampai 5 menit saja setiap harinya.

 

 

High Intensive Interval Training adalah olahraga untuk meningkatkan detak jantung atau heart ratesecara bertahap dalam waktu relatif singkat. Tujuannya agar metabolisme meningkat, dan saat beraktifitas nanti heart rate anda berada dalam zona aman yaitu 70 – 100 bpm. Di zona inilah anda siap berjibaku dalam kesibukan.

 

 

Caranya melakukannya sederhana:

  1. Stretching atau peregangan 1 atau 2 menit terutama di bagian kaki dan pinggang.
  2. Berjalanlah biasa selama 20 detik
  3. Lanjutkan dengan jalan cepat selama 20 detik
  4. Tingkatkan jalan cepat anda menjadi berlari kencang selama 20 detik
  5. Kembali ke jalan biasa dan ulangi siklusnya.

 

 

Lakukan siklus ini berulang – ulang tanpa henti sebanyak 4 atau 5 kali. Sehingga total anda melakukannya selama 5 menit saja. Setelah selesai jangan lupa stretching kembali.

 

 

Namun bagi anda yang memiliki gangguan jantung harap berhati – hati melakukan olahraga ini. Aturlah kecepatannya sesuai dengan kemampuan anda, atau terlebih dahulu konsultasikan bersama dokter.

 

 

Sedangkan Circuit Training adalah olahraga yang menekankan pada aktivasi kelompok otot utama yang kerap digunakan saat kita beraktifitas, seperti dada, punggung, dan paha atau kaki.

 

 

Aktivasi ini penting guna melancarkan penggunaan cadangan energi berupa lemak di sekitar otot tersebut, sehingga aliran energi tidak terhambat.

 

 

Cara melakukannya mudah:

  1. Stretching atau peregangan 1 atau 2 menit untuk seluruh tubuh.
  2. Loncat – loncat ringan 20 detik, lalu istirahat 10 detik
  3. Jongkok berdiri (upayakan tidak jinjit) 20 detik, lalu istirahat 10 detik
  4. Sit-up atau crunch 20 detik, lalu istirahat 10 detik
  5. Push-up 20 detik, lalu istirahat 10 detik
  6. Back-up 20 detik, lalu istirahat 10 detik
  7. Ulangi siklus ini tanpa henti, atau anda dapat menambah gerakan baru hingga total waktu mencapai 5 menit.

 

 

Latihan ini menggunakan hitungan detik, bukan jumlah. Artinya menjadi tantangan tersendiri untuk anda, sanggup melakukan berapa banyak dalam waktu 20 detik itu.

 

 

Beberapa sumber menyebutkan,  circuit training akan efektif jika dilakukan selama 7 menit. Namun banyak juga yang berpendapat 4 sampai 5 menit saja sudah cukup. Anda tentu dapat memilih mana yang paling sesuai dan mungkin dilakukan. Selamat mencoba !. [ ]

 

 

*Penulis adalah trainer, konsultan kebugaran dan diet sehat.

 

4

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

830

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 51 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment