Tips Mengajari Anak Mencium Tangan Yang Benar Saat Silaturahmi

 

PERCKANIMAN.ID– – Mencium tangan atau bersalaman adalah salah satu tradisi bagi orang indonesia. Mencium tangan bagi masyarakat Indonesia adalah bentuk kesopanan dan hormat.

 

 

 

Dalam Islam, mencium tangan juga bermakna cinta dan memohon doa. Dalam suatu hadis menjelaskan bahwa tradisi mencium tangan atau salim sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad.

 

 

Dari Jabir Radhiallahu anhu bahwa Umar bergegas menuju Rasulullah lalu mencium tangan beliau”. (HR Ahmad)

 

 

Dikutip dari berbagai sumber, seiring waktu berjalan, cara orang mencium tangan ini sedikit mengalami perubahan. Perubahan yang dimaksud ialah perubahan posisi, di mana sekarang tidak jarang banyak orang malah melakukan salim dengan meletakkannya di berbagai posisi, mulai dari kening, pipi, hingga mulut atau dengan kata lain dilakukan sekenanya.

 

 

Padahal, posisi salim yang benar dilakukan dengan memposisikan tangan orang yang dicium tangannya tersebut di posisi di bawah hidung. Biasanya anak-anak yang banyak melakukan kesalahan pada saat mencium tangan.

 

 

Umumnya mereka belum mengerti sama sekali dimana sebenarnya kesalahan mereka. Sebagai orangtua tidak ada salahnya untuk mengajarkan anaknya tata cara mencium tangan atau salim yang benar.

 

 

 

Para orangtua dapat melakukan dengan cara memberi tahu dengan memperagakan bagaimana mencium tangan yang benar. Mencium tangan diawali oleh orang yang menerima salam, kemudian tangannya dipegang oleh orang tersebut, dan telapak tangannya menghadap ke bawah atau diawali dengan orang yang memberikan salam.

 

 

 

Kemudian ia mengulurkan tangannya, dan tangan tersebut diterima dengan cara digenggam oleh orang yang ia beri salam.

 

 

 

Kemudian orang tersebut agak membungkukkan badan dan langsung menyentuh tangan dengan hidungnya. Bukan dengan pipi dan bukan juga dengan jidat, itulah cara terbaik untuk menghormati orang tua atau bersikap sopan.

 

 

 

Beri tahu anak dengan kata-kata yang mudah dimengerti oleh si anak sendiri. Dan jelaskan juga manfaat mencium tangan sendiri itu kepada anak. [ ]

 

Sumber: okezone.com

 

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

750

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

(Visited 39 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment