Tips Makan Saat Lebaran, Ini 3 Rumus Sehatnya

 

PERCIKANIMAN.ID – – Setelah berpuasa selama sebulan penuh, umat muslim di seluruh dunia merayakan kemenangannya menahan segala jenis godaan baik godaan makanan, minuman, dan amarah di bulan suci Ramadan. Perayaan Lebaran di Indonesia selalu identik dengan makan bersama sanak keluarga.

 

 

Menu tradisional khas Indonesia yang penuh rempah dan kaya bumbu, seperti ketupat, opor ayam, rendang, semur daging, dan sambal goreng ati menjadi menu wajib yang tidak pernah hilang dalam perayaan Lebaran.

 

 

Namun, di balik kelezatan hidangan hari raya, ada bahaya yang mengancam bagi kesehatan. Hal ini disebabkan berbagai menu hidangan tersebut cenderung tinggi karbohidrat dan lemak yang dapat memicu penyakit paska Lebaran. Namun, jangan khawatir kita tetap bisa berlebaran dengan sehat.

 

Bagaimana caranya? Ikuti “3 Rumus Sehat” berikut ini. Tetap kendalikan nafsu makan Anda dan makanlah sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda

 

 

Sehat 1 – Kendalikan nafsu makan Anda

 

Walaupun kita baru saja melewati Ramadan di mana kita diwajibkan menahan lapar dan haus, bukan berarti saat Lebaran kita dapat memuaskan diri dengan berbagai makanan. Tetap kendalikan nafsu makan Anda dan makanlah sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda.

 

Cara menghitung kalori harian cukup mudah, yaitu untuk pria sebanyak 30 kilo kal dikali berat badan. Sementara untuk wanita, sebesar 25 kilo kalori dikali berat badan.

 

Anda bisa makan satu buah apel beserta kulitnya, karena kulit apel dapat mengendalikan nafsu makan, sehingga Anda tidak kalap ketika melihat banyaknya sajian hari raya.

 

Jika Anda kurang suka apel, Anda bisa memakan buah-buahan kaya air lainnya, seperti semangka, melon, atau pepaya. Buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk juga dapat mampu menetralisir lemak yang dikonsumsi saat menyantap hidangan Lebaran.

 

Sehat 2 – Makan dengan “3 Tepat”

 

Makan seimbang kadang kala menjadi tantangan sendiri di momen hari raya. Makanan yang tersedia cenderung kurang baik bagi kesehatan. Tapi, bukan berarti Anda harus menghindari santapan khas Lebaran, yang perlu Anda lakukan adalah memilih dengan “3 Tepat”, yaitu:

 

 

  1. Tepat jadwal

 

Makanlah sesuai jadwal makan seperti di hari-hari lain. Makan besar tetap 3x sehari (sarapan, makan siang, makan malam) dan boleh diselingi snack 2x yaitu di jam 11 dan 5 sore. Ada baiknya snack yang dimakan mengandung serat tinggi misalnya buah-buahan dan sayuran.

 

 

  1. Tepat jumlah

 

Jumlah makanan yang kita makan juga perlu kita perhitungkan. Cukup ambil makanan yang bervariasi dengan komposisi seimbang dan menggunakan piring kecil. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah Anda makan dalam porsi besar. Lebih baik, makan porsi sedikit dan sering dibandingkan makan dalam porsi besar dalam satu waktu.

 

Lebih baik, makan porsi sedikit dan sering dibandingkan makan dalam porsi besar dalam satu waktu.

 

 

  1. Tepat jenis

 

Jenis makanan pada hari raya sangat beragam. Pilihlah makanan yang Anda suka dengan mempertimbangkan kandungan gizi dari makanan tersebut. Hindarilah makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam karena dapat meningkatkan kadar asam lambung.

 

Begitu pun sebaiknya pilih makanan yang direbus atau dipanggang daripada makanan yang digoreng dan penuh santan. Makanan yang digoreng dan penuh santan dapat menaikkan kadar kolesterol Anda yang akan menimbulkan gejala mual, pusing, nyeri tengkuk atau nyeri perut.

 

Batasi pula konsumsi makanan asin dan minuman manis dalam jumlah banyak. Kafein dan alkohol harus dihindari, begitu pun aneka jeroan yang mampu menaikkan asam urat Anda. Perbanyak minum air putih.

 

Sehat 3 – Silaturahmi sehat

 

Lebaran adalah momen yang tepat untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat. Bersilaturahmilah dengan sehat. Biasakan untuk berjalan kaki menuju rumah kerabat yang tidak terlalu jauh atau sengaja memarkir kendaraan agak jauh dari lokasi silaturahmi.

 

 

Selain itu, perbanyaklah senyum, karena mampu merangsang keluarnya hormon endorfin, sebuah hormon yang mampu menciptakan perasaan bahagia.

 

Jangan lupa kenali kemampuan tubuh Anda. Segeralah beristirahat bila mulai kelelahan dengan waktu tidur yang cukup. [ ]

 

Sumber: okezone.com

4

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

(Visited 85 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment