Pentingnya Doa Bagi Orang Beriman, Maksimalkan Di Bulan Ramadhan

 

PERCIKANIMAN.ID – – Para pakar komunikasi menyebutkan bahwa manusia itu homo communicus, artinya makhluk yang senantiasa berkomunikasi. Pernyataan ini bisa dirasakan kebenarannya. Pernahkah Anda punya masalah? Lalu, Anda membicarakannya dengan orang yang Anda percayai. Hasilnya? Beban masalah menjadi berkurang, bahkan ada yang selesai. Ini bukti bahwa beban hidup menjadi berkurang dengan berkomunikasi.

 

 

Komunikasi antarmanusia biasa disebut interpersonal communication, sementara komunikasi manusia dengan Allah Swt. disebut doa, alias transcendental communication.Doa memiliki saham yang sangat besar untuk mengurangi beban kehidupan.

 

 

Karena itu, Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a. pernah berwasiat, “Tahanlah badai ujian dengan doa.” Pernyataan ini dibuktikan dengan sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa doa terbukti mampu menurunkan tingkat stres seseorang.

 

 

Doa menduduki peranan penting dalam ajaran Islam. Paling tidak, ada empat peranan doa, yaitu:

  1. Allah Swt. sangat mencintai orang-orang yang rajin berdoa.

Mintalah anugerah kepada Allah. Sesungguhnya Allah senang untuk diminta.”(H.R. Tirmidzi). Dan Allah Swt. sangat murka kepada orang-orang yang tidak pernah berdoa, “Barangsiapa yang tidak berdoa kepada Allah, maka Allah murka kepadanya.” (H.R. Tirmidzi)

 

 

  1. Doa merupakan ekspresi kerendahan hati seorang hamba di hadapan Tuhannya.

Kalau kita rajin berdoa, berarti kita merasa butuh pada pertolongan Allah Swt. Sementara kalau kita tidak pernah berdoa, berarti kita angkuh, seolah-olah seluruh persoalan hidup bisa diselesaikan tanpa kekuatan dan pertolongan-Nya.

 

(60). وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

 

 

Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan doamu. Sesungguhnya, orang-orang sombong yang tidak mau menyembah-Ku akan masuk Jahanam dalam keadaan terhina.’” (Q.S. Gāfir [40]: 60).

 

Yang dimaksud, “menyembah” pada ayat ini adalah “berdoa”. Artinya, siapa yang angkuh tidak mau berdoa, akan masuk Jahanam.

 

 

  1. Doa merupakan ekspresi kedekatan seorang hamba dengan Tuhannya.

Orang-orang yang merasa dekat dengan Allah akan sering berdoa, memohon dan meminta.

 

(186). وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

 

 

Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, jawablah bahwa Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa jika ia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka menaati perintah-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 186)

 

 

Ayat ini mengisyaratkan dua hal. Pertama, Aku adalah dekat, kalimat ini menunjukkan bahwa kalau kita berdoa, sebaiknya tanpa memakai perantara, tapi langsung saja kepada Allah Swt. Kedua, hendaklah mereka itu memenuhi dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, kalimat ini mengisyaratkan bahwa orang-orang yang berdoa akan mudah dikabulkan doanya apabila memenuhi aturan-aturan Allah dan mengimani-Nya. Kita jangan hanya rajin berdoa, tapi juga harus tekun beribadah dan rajin menjauhi maksiat.

 

 

 

  1. Doa merupakan senjata orang beriman.

Rasulullah Saw. bersabda, “Maukah aku tunjukkan pada kalian sesuatu yang dapat menyelamatkan kalian dari musuh-musuh dan memudahkan turunnya rezeki bagi kalian? Maka berdoalah kalian pada Allah di waktu malam dan siang. Karena doa itu sesungguhnya senjata orang-orang beriman.” (H.R. Abu Ya’la).

 

 

 

Bertolak dari analisis ini, sudah sepantasnya kita menjadikan doa sebagai kebutuhan pokok, itu pun kalau hidup kita ingin penuh berkah dan keselamatan. Khususnya di bulan Ramadhan yang penuh keberkahan ini. Maksimalkan ibadah dan amal shalih termasuk dengan berdoa. [ ]

 

 

Sumber: buku “ Doa Orang  Orang Sukses “ karya Dr. Aam Amiruddin,M.Si

 

 

Promo Ramadhan, hub: 08112202496

4

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

780

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

(Visited 323 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment