Berenang dan Menyelam Saat Puasa, Apakah membatalkan ?

 

 

Assalamu’alaykum. Pak Aam, saya guru les renang yang mayoritas muridnya non muslim. Termasuk Ramadhan ini saya juga harus melatih. Apakah berenang atau menyelam membatalkan puasa? Mohon penjelasannya. ( Noy via fb )

 

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Ada beberapa aktivitas yang oleh sebagian kaum muslimin dinilai dapat membatalkan puasa, padahal kalau kita merujuk pada keterangan-keterangan yang shahih dari Nabi Saw., ternyata hal tersebut tidak membatalkan puasa.  Diantaranya seperti yang Anda tanyakan ini.

 

 

Mandi siang hari termasuk keramas atau berenang bahkan menyelam sekali pun tidak membatalkan puasa. Kalau cuaca sangat panas kemudian kita ingin meredakannya dengan menuangkan air ke seluruh tubuh seperti mandi atau renang, ini tidak membatalkan puasa. Hal ini sebagaimana dijelaskan seorang sahabat Rasulullah Saw.,

 

 

Aku melihat Rasulullah Saw. menuangkan air di kepalanya ketika puasa karena cuaca panas.” (HR. Ahmad)

 

 

Jadi berenang atau menyelam tidak membatalkan puasa selama tidak ada air yang terminum. Kalau saat menyelam atau berenang Anda merasa ada air yang terminum meski pun sedikit maka puasanya menjadi batal. Jangan ada istilah sambil menyelam minum air. Ini tidak dibolehkan saat Anda berpuasa.

 

 

BACA JUGA: Hukum Mencium Istri Saat Puasa

 

 

Berenang atau menyelam saat sedang puasa menjadi makruh. Artinya perkara yang dianjurkan untuk tidak dilakukan akan tetapi jika dilakukan tidak berdosa dan jika ditinggalkan akan mendapat pahala dari Allah Swt. Contohnya menyelam saat sedang puasa. Sebab, aktivitas ini berpotensi bisa membatalkan puasa.

 

 

 

BACA JUGA: Hukum Gigi Saat Puasa

 

 

Kalau menurut hemat saya, sebaiknya Anda melakukan renang atau menyelam sekali pun setelah buka puasa atau malam hari. Ini lebih aman dan menenangkan bagi Anda juga tida ada perasaan was-was. Jadi saat sedang puasa maka afdholnya kita menghindari atau tidak melakukan hal-hal yang berpotensi dapat membatalkan puasa, termasuk menyelam.

 

 

Kecuali kalau Anda menyelamnya di laut kemudian memakai tabung dan peralatan insya Allah ini aman. Tetapi kalau kegiatan itu hanya hobby saja maka sebaiknya Anda lakukan setelah buka puasa atau ditunda dulu. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

Promo Ramadhan, hub: 08112202496

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

782

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 244 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment