Apakah Boleh Donor Darah Saat Puasa ?

Assalamu’alaykum. Pak ustadz, kebetulan saya biasa rutin donor darah. Persoalannya sekarang sedang puasa. Katanya kalau keluar darah termasuk donor bisa membatalkan puasa. Benarkah demikian?  Mohon penjelasannya. ( Fery via fb )

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah.  Seorang Muslim yang melakukan donor darah adalah sesuatu perbuatan yang mulia apalagi dilakukan pada bulan yang mulia yakni Ramadhan.

 

 

Donor darah itu dibolehkan asalkan tidak menimbulkan bahaya atau tidak madlorot buruk terhadap si pendonor setelah melakukan donor darah sehingga ia harus membatalkan puasanya. Misalnya setelah melakukan donor kemudian menjadi sakit atau lemas atau pingsan. Kalau kondisi demikian maka donor darah tidak boleh dilakukan.

 

 

Namun selama donor darah tersebut tidak berpengaruh terhadap kesehatan Anda, tetap fit atau gangguan kesehatan lainnya maka Anda boleh melakukannya.

 

 

Diperbolehkannya melakukan donor darah saat Ramadhan itu juga tercermin dari sikap Rasul yang melakukan bekam pada saat berpuasa. Dalam sebuah sebuah hadits Rasulullah Saw. pernah berbekam (diambil darahnya) saat puasa. Ibnu Abbas r.a. menyatakan,

 

 

“Nabi Saw. berbekam (diambil darah) ketika beliau puasa.” (H.R. Bukhari)

 

 

Para ulama menganggap bahwa berbekam hampir mirip dengan donor darah karena mengeluarkan darah dari dalam tubuh. Hanya saja dalam bekam darah yang dikeluarkan adalah darah kotor sedangkan donor adalah darah sehat yang berguna untuk mencukupi individu lain yang kekurangan darah.

 

 

 

 

Dengan demikian jika donor memang harus dilakukan pada siang dan sangat dibutuhkan, sesungguhnya tidaklah membatalkan puasa selama tidak mengganggu ibadah puasanya. Kecuali jika dengan donor darah tersebut kemudian tubuh Anda menjadi lemah (drop) bahkan hingga pingsan maka dibolehkan untuk berbuka.

 

BACA JUGA: Hukum Mencium Istri Saat Puasa

 

Menurut para ulama hukum donor darah saat sedang puasa menjadi makruh. Artinya perkara yang dianjurkan untuk tidak dilakukan akan tetapi jika dilakukan tidak berdosa dan jika ditinggalkan akan mendapat pahala dari Allah Swt. Contoh donor darah saat sedang puasa. Sebab, aktivitas ini berpotensi bisa membatalkan puasa.

 

BACA JUGA: Hukum Gigi Saat Puasa 

 

Kalau menurut hemat saya, sebaiknya Anda melakukan donor darah setelah buka puasa atau malam hari. Ini lebih aman dan menenangkan bagi Anda juga. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

Ramadhan Wakaf Quran Mandiri, pemesanan: 08112202496

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 157 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment