Hukum Gosok Gigi Saat Puasa Di Siang Hari, Apakah Jadi Batal ?

 

 

Assalamu’alaykum. Pak Aam, maaf mau tanya boleh tidak saat puasa kita melakukan sikat/gosok gita atau kumur-kumur?. Ada yang bilang katanya membatalkan puasa. Mohon penjelasannya. ( Grey via fb )

 

 

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Ada beberapa aktivitas yang oleh sebagian kaum muslimin dinilai dapat membatalkan puasa, padahal kalau kita merujuk pada keterangan-keterangan yang shahih dari Nabi Saw., ternyata hal tersebut tidak membatalkan puasa.  Diantaranya seperti yang Anda tanyakan ini,

 

 

  1. Gosok gigi

Islam memerintahkan kita menjaga kebersihan, salah satunya dengan menjaga kebersihan gigi. Karena itu, menggosok gigi tetap dianjurkan walaupun sedang puasa. Rasulullah Saw. selalu menggosok giginya walaupun sedang puasa.

 

 

Hal ini merujuk pada hadits dari Amir bin Rabi’ah r.a. mengatakan, “Aku melihat Rasulullah Saw. menggosok gigi padahal beliau sedang puasa.” (H.R. Ahmad dan Bukhari).

 

 

  1. Berkumur-kumur

Ada sebuah kisah saat Umar r.a. berkata, suatu hari aku merasa gembira kemudian aku mencium (istriku) padahal aku sedang puasa, lalu aku mendatangi Nabi Saw. kataku, “Hari ini saya melakukan kesalahan besar, saya mencium istri padahal sedang puasa.” Rasulullah Saw. bersabda, “Apa pendapatmu jika engkau berkumur-kumur dengan air, padahal engkau puasa?” Aku menjawab, “Tidak apa-apa.” Nabi bersabda, “Lalu mengapa?” (H.R. Ahmad dan Abu Daud).

 

 

Jadi kedua aktivitas tersebut tidak membatalkan puasa. Namun dengan catatan selama gosok /sikat gigi atau pun saat kumur-kumur tidak ada air atau benda lain tang tertelan. Kalau sampai ada tertelan air maka puasanya menjadi batal. Meskipun tidak sengaja, sebab menurut para ulama gosok gigi atau kumur-kumur saat puasa hukumnya makruh.

 

 

Makruh adalah suatu perkara yang dianjurkan untuk tidak dilakukan akan tetapi jika dilakukan tidak berdosa dan jika ditinggalkan akan mendapat pahala dari Allah Swt. Contoh seperti yang Anda tanyakan tersebut yakni gosok gigi atau kumur-kumur saat puasa. Sebab,kedua aktivitas ini berpotensi bisa membatalkan puasa maka sebaiknya tidak dilakukan.

 

 

BACA JUGA: Hukum Sahur Waktu Imsak, Sah Tidak Puasanya ?

 

 

Kalau menurut hemat saya, cobalah Anda gosok gigi atau kumur-kumur sisa makan sebaiknya dilakukan setelah imsak atau sebelum adzan Subuh. Ini jelas lebih aman, sebab kalau pun dalam waktu imsak Anda gosok gigi atau kumur-kumur kemudian ada air yang tertelan maka tidak membatalkan puasa. Tetapi kalau gosok gigi atau kumurnya setelah masuk waktu puasa apalagi siang hari kemudian ada air yang masuk atau tertelan maka puasanya menjadi batal.

 

 

Untuk itu saran saya, lebih baik kita berhati-hati dari aktivitas yang berpotensi dapat membatalkan puasa. Jaga puasa dengan amaliah yang lebih menentramkan, dari pada Anda was-was setelah gosok gigi kemudian ada perasaan khawatir ada air yang tertelan atau tidak, seperti terasa namun seperti tidak. Tentu ini justru bisa membuat Anda ragu dan tidak tenang. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

Promo Ramadhan, hub: 08112202496

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

720

Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email:  [email protected]  atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

 

 

 

(Visited 660 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment