Karakter Istri Abu Lahab:  Suka Menyebar Fitnah dan Berita Bohong

 

Tafsir Surat Al Lahab ayat 3 – 5

 

 

Oleh: Dr. Aam Amiruddin, M.Si

 

 

PERCIKANIMAN.ID – – Sangat kontras dengan Abu Bakar yang mendukung dakwah Rasulullah Saw dengan jiwa dan hartanya. Sementara Abu Lahab menghabiskan harta dan usahanya untuk menghalang-halangi manusia dari jalan yang benar.

 

Perbuatan nya itu bukan hanya mengantarkan pada kesengsaraan dunia, yang lebih mengerikan lagi di akhirat dia akan mendapatkan azab yang pedih, sebagai mana dijelaskan pada ayat berikutnya.

 

(3). سَيَصْلَىٰ نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ

 

Kelak, ia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.” ( QS. Al Lahab: 3 )

 

Ternyata, yang akan masuk neraka bukan hanya Abu Lahab tapi juga istrinya.

 

(4). وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ

“Begitu pula istrinya, si pembawa kayu bakar (penyebar fi tnah).” (QS.Al Lahab: 4)

 

Istri Abu Lahab digelari Ummu Jamil, nama aslinya Arwah binti Harb, ia adik kandung Abu Sufyan (seo rang pemuka masyarakat Mekah pada masa menjelang kenabian). Ia sangat membenci Nabi Saw. Ummu Jamil artinya ibu yang cantik, digelari demikian karena istri Abu Lahab memang cantik, tapi sayang hatinya busuk, lisannya kasar, dan perbuatannya nista.

 

 

Abdullah Yusuf Ali dalam The Holy Quran; Text, Translation, and Commentary, hal. 1712 menyebut kan “To carry fi rewood” may also be symbolical for carrying tales be t ween people to embroil them (yang dimaksud dengan “sebagai pembawa kayu bakar” bisa juga merupakan bahasa simbolis untuk meng gam barkan orang yang menye barkan berita bohong dengan tujuan untuk memanas-manasi orang lain).

 

 

Penulis sependapat dengan apa yang dikemukakannya, karena sejarah mencatat bahwa Ummu Jamil dengan modal paras yang cantik, kedudukan yang tinggi, serta harta yang banyak, selalu menyebarkan berita bohong tentang Rasul Saw. agar orang-orang anti (benci) kepadanya.

 

 

 

Muhammad Abduh dalam Tafsir Juz ‘Amma menyebutkan, siapa saja yang suka menye bar kan berita bohong sehingga menimbulkan permusuhan, pecah belah, dan fitnah (menjadi provokator), berarti dia telah mengambil peran istri Abu Lahab (Ummu Jamil), sehingga risiko yang akan diterimanya seperti yang akan dirasakan Ummu Jamil. Keburukan sifat istri Abu Lahab dinyatakan dengan ungkapan, Al-Lahab

 

 

(5). فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ

Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.” ( QS.Al Lahab: 5 )

 

Di antara bagian tubuh wanita yang menjadi nilai ke indahan adalah leher. Betapa banyak wanita yang menghabiskan waktu dan biaya untuk merawat kein dahan lehernya. Karena itu, leher menjadi salah satu tempat untuk menempatkan perhiasan.

 

 

Pada ayat ini disebutkan bahwa pada leher Ummu Jamil akan digantung kan tali dari sabut. Sabut adalah serat-serat ijuk yang biasa dipakai untuk sapu atau keset. Bayangkan, betapa buruknya penggambaran ini. Biasanya yang bergantung pada leher itu perhiasan, namun pada leher Ummu Jamil justru tali dari sabut.

 

 

Ini merupakan gambaran keburukan dan kehi na an bagi orangorang yang suka menyebarkan fitnah dan berita bohong sehingga menimbulkan kebencian dan permusuhan. Rasulullah Saw. mengingatkan agar kita menjauhi prasangka buruk, mengorek aib orang lain, bersaing secara tidak sehat, dengki, dan mencemarkan nama baik, karena merupakan akhlak tercela yang bisa menyebabkan kehinaan di dunia dan di akhirat, seperti yang dialami Ummu Jamil.

 

 

“Hindari prasangka buruk, karena hal itu adalah berita paling bohong. Jangan saling mencari keburuk an, jangan saling mengorek aib, jangan bersaing secara tidak sehat, jangan saling mendengki, jangan saling marah, dan jangan saling tidak peduli. Tetapi jadilah kamu semua bersaudara sebagai hambahamba Allah.” (H.R. Muslim, jilid IV, No. 2.119). Wallahu A’lam bishshawab. [ ]

 

Ramadhan Wakaf Quran Mandiri, pemesanan: 08112202496

5

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

820

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 624 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment