3 Waktu Terkabulnya Doa, Jangan Lupa Di Bulan Ramadhan

PERCIKANIMAN.ID – – Setiap orang bisa dipastikan mempunyai keinginan atau cita-cita yang ingin diwujudkan dalam hidupnya. Tentunya keinginan atau cita – cita tersebut adalah untuk kebahagian hidup.

 

 

Untuk mewujudkan keinginan atau cita-cita tersebut tentunya harus diusahakan atau diikhtiarkan. Sebagai orang yang beriman maka segala ikhtiar tersebut harus sesuai dengan tuntunan dan syariat Islam yakni sesuai Al Quran dan hadits.

 

 

Selain ikhtiar kita juga diperintahkan untuk berdoa karena bagi orang yang beriman aktivtas berdoa adalah bagian dari ibadah. Berdoa adalah wujud kelemahan seorang hamba kepada Rabb Yang Maha Kuasa. Allah Swt akan senang jika hamba-Nya berdoa atau memohon kepada-Nya. Bahkan Allah Swt sendiri menjamin akan mengabulkan jika hamba-Nya berdoa, seperti dalam Al Quran,

 

 

(186). وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

 

 

Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, jawablah bahwa Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa jika ia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka menaati perintah-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran. ( QS.Al Baqarah: 186 )

 

 

Jadi jangan galau atau risau jika doa kita belum terkabul. Allah Swt sendiri yang menjamin dan akan mengabulkan doa hamba-hamba-Nya.

 

 

Saat ini kita sedang dan telah menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Bulan Ramadan banyak keutamaannya  termasuk dalam memanjatkan doa.

 

 

Ada beberapa waktu mustajab yang bisa mengabulkan doa kita setiap harinya. Untuk itu jangan lewatkan setiap saat dalam ibadah kepada Allah Swt di bulan yang mulia dan agung ini.

 

 

Selain selesai shalat lima waktu ada waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa di bulan Ramadhan yang insya Allah akan Allah kabulkan

 

  1. Waktu Sepertiga Malam/ Menjelang Sahur

 

Sebelum makan sahur, Anda dianjurkan untuk salat malam sekaligus berdoa di waktu sepertiga malam terakhir. Dalam haditd Rasuluah Saw bersabda:

 

ينزل الله تعالى كل ليلة إلى السماء الدنيا حين يبقى ثلث الليل الأخير فيقول عز وجل: من يدعونى فأستجب له، من يسألنى فأعطيه، من يستغفرنى فأغفر له

 

Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta-Ku, Aku beri, dan siapa yang minta ampunan pasti Aku ampuni.” (HR. Muslim)

 

 

 

  1. Antara Adzan dan Iqamah

 

Kekhusyukan di saat salat sangat dibutuhkan, apalagi waktu Ramadan. Terlebih saat Anda bersujud, sematkan doa yang diinginkan. Karena pada saat sujud Allah akan mendengar doa Anda. Selain itu, di antara adzan dan iqamah juga dianggap mustajab.

 

Rasulullah bersabda, “Doa antara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (HR. Abu Daud, Nasa’i, danTurmudzi)

 

Dalam hadits yang lain Rasulullah Saw bersabda, “Keadaan terdekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Maka perbanyaklah berdoa.” (HR. Muslim)

 

  1. Saat Berbuka Puasa

Ramadhan juga disebut sebagai bulan puasa karena ini adalah ibadah utama. Untuk itu menjelang berbuka atau saat berbuka jangan lupa untuk berdoa. Dalam hadits Rasulullah Saw bersabda,

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak, siapa saja? 1. Pemimpin yang adil, 2. Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, 3. Doa orang yang terzalimi.” (HR Tirmidzi nomor 2526, 3598 dan Ibnu Majah nomor 1752.)

 

Kemudian dalam kitab Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan doa menjadi mudah dikabulkan ketika berbuka puasa, karena saat itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri kepada Allah Swt.

 

Inilah beberapa waktu mustajab terkabulnya doa di bulan Ramadhan. Maksimalkan bulan Ramadhan dengan ibadah dan amal shalih lainnya. Semoga Allah kabulkan doa-doa kita. Aamiin. [ ]

 

Sumber: dikutip dari buku “ Doa Orang-Orang Sukses “ karya Dr.Aam Amiruddin, M.Si

 

 

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

890

 

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman

(Visited 891 times, 7 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment